Istri Cantik Raja Narkoba El Chapo Dituntut 4 Tahun Penjara di AS

Jum'at, 19 November 2021 - 22:48 WIB
loading...
Istri Cantik Raja Narkoba El Chapo Dituntut 4 Tahun Penjara di AS
Emma Coronel Aispuro, istri raja narkoba Meksiko Joaquín El Chapo Guzmán Loera, dituntut 4 tahun penjara di AS. Foto/Sky News
A A A
WASHINGTON - Istri cantik raja narkoba Meksiko Joaquín " El Chapo " Guzmán Loera dituntut hukuman empat tahun penjara oleh jaksa Amerika Serikat (AS). Dia telah mengaku bersalah atas tuduhan mendistribusikan narkoba dan melakukan pencucian uang.

Tuntutan jaksa yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia pada hari Kamis (18/11/2021) mengatakan Emma Coronel Aispuro—mantan ratu kecantikan remaja yang menikahi El Chapo pada usia 17 tahun—juga harus kehilangan USD1,5 juta terkait dengan kegiatan kriminalnya.

Baca juga: Model Cantik Sekongkol Habisi Suami demi Jadi Bos Narkoba

Coronel Aispuro (32) pada bulan Juni lalu mengaku bersalah atas tiga tuduhan bersekongkol untuk mendistribusikan obat-obatan terlarang, bersekongkol untuk mencuci uang dan terlibat dalam transaksi keuangan dengan kartel narkoba Sinaloa pimpinan sang suami.

Dia menghadapi hukuman yang akan dijatuhkan pada 30 November 2021.

Sebagai bagian dari persetujuan pembelaannya dengan jaksa, Coronel Aispuro seperti dikutip Reuters, Jumat (19/11/2021), juga mengaku bertindak sebagai kurir antara El Chapo dan anggota kartel Sinaloa lainnya saat dia ditahan di penjara Altiplano, Meksiko, setelah penangkapan tahun 2014.

Guzman menggunakan komunikasi itu untuk merencanakan pelariannya tahun 2015 dari penjara, di utara Toluca, Meksiko, melalui terowongan bawah tanah yang dibangun oleh kartel narkoba yang mengarah ke pancuran di selnya.

Raja narkoba ditangkap kembali pada Januari 2016 dan diekstradisi satu tahun kemudian ke Amerika Serikat. Dia dinyatakan bersalah pada Februari 2019 atas perdagangan narkoba, konspirasi, penculikan, pembunuhan, dan tuduhan lainnya.

Guzman dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada Juli 2019 di AS. Dia mendekam di penjara "supermax" Lembaga Pemasyarakatan Amerika Serikat dekat Florence, Colorado. Itu adalah penjara yang dirancang untuk narapidana paling berbahaya.

Coronel Aispuro, yang lahir di San Francisco Bay Area dan memiliki kewarganegaraan ganda AS-Meksiko, ditangkap pada Februari 2021 di Bandara Internasional Dulles.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1082 seconds (10.177#12.26)