China Bangun Kapal Perang Pengangkut Jet Pembunuh Kapal Induk dan Penumpangnya

Rabu, 17 November 2021 - 12:40 WIB
loading...
China Bangun Kapal Perang Pengangkut Jet Pembunuh Kapal Induk dan Penumpangnya
Kapal induk China, Liaoning, berlayar di Pasifik barat pada April 2018. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Persaingan Angkatan Laut memanas di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan. China maupun Amerika Serikat mempertahankan kehadiran militer yang kuat di kawasan itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Beijing secara aktif mengembangkan angkatan lautnya, memicu kekhawatiran serius di Washington atas keunggulan Angkatan Laut China di wilayah tersebut.

“China diam-diam membangun kapal militer yang mampu membawa jet tempur,” ungkap Sam Armstrong dari think tank Henry Jackson Society, dilansir The Sun pada Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Biden: AS Tak Akan Ubah Kebijakan di Taiwan, Tidak Dorong Kemerdekaan

Mengacu pada laporan baru-baru ini tentang China yang membangun tiruan kapal induk AS untuk pelatihan serangan rudal, Armstrong menunjukkan upaya semacam itu tidak perlu dilakukan kecuali negara itu merencanakan “serangan bom terhadap kapal induk”.

Baca juga: Setop Pelacuran Remaja dan Berantas Mucikari, Prancis Habiskan Rp225 Miliar

“Jika China sedang membangun kapal induk yang dibangun dengan skala kapal AS, Beijing mengembangkan kapasitas mengirim jet tempur cepatnya ke seluruh dunia dengan tujuan tunggal untuk menenggelamkan kapal induk dan membunuh penumpangnya,” papar dia.

Baca juga: Luar Biasa! China Kalahkan AS sebagai Negara Terkaya di Dunia

Dia menambahkan, "Ini adalah model kerja yang siap digunakan sebagai latihan untuk operasi kehidupan nyata melawan pasukan Barat."

Para analis akhir-akhir ini hampir sepakat dalam pandangan bahwa AS akan segera kehilangan keunggulan angkatan lautnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2745 seconds (11.252#12.26)