Biden: AS Tak Akan Ubah Kebijakan di Taiwan, Tidak Dorong Kemerdekaan

Rabu, 17 November 2021 - 08:38 WIB
loading...
Biden: AS Tak Akan Ubah Kebijakan di Taiwan, Tidak Dorong Kemerdekaan
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pada Senin (15/11/2021), Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bertemu secara virtual untuk pertama kalinya sejak presiden AS menjabat pada Januari.

Setelah pembicaraan selama hampir tiga jam, kedua pemimpin sepakat hubungan Washington-Beijing sangat penting tidak hanya untuk kedua negara, tetapi untuk seluruh dunia. Mereka juga membahas isu-isu strategis lainnya antara kedua negara.

Presiden Joe Biden menyatakan pada Selasa (16/11/2021) bahwa AS tidak mendorong Taiwan merdeka. "AS tidak akan mengubah kebijakan kami sama sekali mengenai pulau itu,” tegas Biden pada Selasa (16/11/2021) seperti dikutip Gedung Putih.



Biden menambahkan, "Mereka harus memutuskan, mereka, Taiwan, bukan kami, dan kami tidak mendorong kemerdekaan. Kami mendorong agar mereka melakukan persis seperti yang diminta Undang-Undang Taiwan."



Namun sebelumnya, mengacu pada Undang-Undang Hubungan Taiwan tahun 1979, yang telah menjadi dasar bagi hubungan AS-Taiwan sejak pengakuan Republik Rakyat China, Biden mengatakan kepada wartawan di New Hampshire bahwa, "Kami sangat jelas mendukung Taiwan. Bertindak, dan hanya itu."

"Mereka (Taiwan) independen. Mereka membuat keputusannya sendiri," papar Biden.

Menurut laporan Gedung Putih sebelumnya tentang pembicaraan dengan Xi, Biden menyatakan selama konferensi bahwa AS tetap berkomitmen pada kebijakan "Satu China".

“Ketika keduanya membahas Taiwan, Biden mengingatkan Xi bahwa dia memilih sebagai seorang senator untuk mendukung pertahanan diri Taiwan,” ungkap Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)