Kirim Peringatan, China Kerahkan Pesawat Pembom ke Perbatasan India

Rabu, 17 November 2021 - 04:27 WIB
loading...
A A A
"Ini adalah peringatan hati-hati dari PLA. (Laporan) CCTV sengaja tidak menyertakan rekaman H-6K dengan CJ-20 yang kuat," kata Zhou Chenming, seorang peneliti ilmu militer.

"China berharap konflik perbatasan tidak akan meningkat lebih jauh, dengan pandemi virus Corona diperkirakan akan memburuk pada musim dingin ini," ia menambahkan.

Ketegangan di sepanjang perbatasan yang disengketakan China dan India telah memanas sejak Oktober, ketika negosiasi antara kepemimpinan militer kedua negara gagal. Sejak itu, masing-masing pihak saling menyalahkan setiap kali pecah perselisihan di sepanjang perbatasan.



Pembicaraan pertama dimulai pada Mei 2020 di tengah meningkatnya konflik antara kedua belah pihak. Konflik-konflik ini mencapai puncaknya pada bulan berikutnya, ketika kira-kira dua lusin tentara tewas dalam konfrontasi di Lembah Galwan.

Ketika pemerintah India menandatangani kesepakatan berbagi intelijen militer dengan Amerika Serikat (AS) pada musim gugur yang lalu, media China mendesak tetangganya untuk menghindari perang, mencatat bahwa Beijing pasti akan memenangkan konflik semacam itu.

"Perang selalu ada di benak sebagian orang India, tidak peduli betapa kacaunya situasi domestik mereka," bunyi sebuah artikel China, Global Times, sebuah surat kabar yang dikelola pemerintah.

"Kekuatan nasional, termasuk kekuatan militer, China jauh melebihi India. Meskipun India adalah kekuatan besar dalam hal politik, (negara) itu pasti akan kalah, jika perang dengan China pecah," tulis Global Times.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)