Taiwan Bantu Perangi Kejahatan Dunia Maya di Era Pascapandemi

Selasa, 16 November 2021 - 18:49 WIB
loading...
A A A
Pada tahun 2020, melalui upaya bersama Taiwan, Vietnam, dan Amerika Serikat, call center penipuan telekomunikasi transnasional berhasil digerebek pada bulan Januari, sebuah sindikat pemalsuan mata uang AS ditemukan pada bulan Februari, dan 12 orang yang diduga terlibat dalam perdagangan manusia, serta pelanggaran Undang-Undang Pencegahan Eksploitasi Seksual Anak dan Remaja diitangkap pada bulan Juli.

Otoritas kepolisian Taiwan memiliki Unit Investigasi Kejahatan Teknologi Tinggi khusus dan penyelidik kejahatan dunia maya profesional. Biro Investigasi Kriminal (CIB) di bawah Kantor Kepolisian Nasional Kementerian Dalam Negeri, juga mendirikan Lab Forensik Digital yang memenuhi standar internasional.

Laboratorium ini mendapatkan akreditasi ISO/IEC 17025 pertama di dunia untuk Analisis Program Windows oleh Yayasan Akreditasi Taiwan. Pada tahun 2021, CIB menstandarisasi prosedur analisis malware, selain menetapkan analisis file dan mekanisme analisis jaringan. Keahlian Taiwan dalam memerangi kejahatan dunia maya akan bermanfaat bagi upaya global untuk membangun ruang maya yang lebih aman.

Pandemi COVID-19 telah menjelaskan fakta bahwa penyakit melampaui batas negara dan dapat menyerang siapa saja, terlepas dari warna kulit, etnis, bahasa, atau jenis kelamin.
Ketidakpercayaan, ketidaksepakatan, dan kurangnya transparansi antar negara akan mempercepat penyebaran virus. Hanya ketika negara-negara internasional bisa saling membantu dan berbagi informasi, keahlian, dan vaksin antipandemi, maka dunia dapat mengatasi pandemi dengan lebih cepat dan sukses.

Tujuan Kepolisian Global yang disetujui oleh negara-negara anggota INTERPOL pada 2017, yang menyatakan bertujuan menciptakan dunia yang lebih aman dan berkelanjutan. Dengan mengingat misi ini, kita harus bekerja sama untuk memerangi kejahatan—sama seperti kita bergabung untuk memerangi pandemi.

Tidak ada lembaga kepolisian atau negara manapun yang dikecualikan. Untuk memerangi kejahatan siber dan meningkatkan keamanan siber global secara efektif, dunia perlu bekerja sama. Taiwan membutuhkan dukungan dunia. Taiwan bersedia dan mampu membantu dunia dengan berbagi pengalamannya.

Saat seluruh dunia bekerja sama untuk memerangi pandemi tahun ini, kami mendesak komunitas internasional, dengan semangat yang sama, untuk mendukung upaya Taiwan untuk menghadiri Sidang Umum INTERPOL sebagai pengamat tahun ini, dan berpartisipasi dalam pertemuan, mekanisme, serta kegiatan pelatihan INTERPOL. Partisipasi Taiwan yang pragmatis dan bermakna akan membantu menjadikan dunia tempat yang lebih aman bagi semua.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1379 seconds (0.1#10.140)