Scorpius, Senjata Peperangan Elektronik Canggih Bikin Israel Makin Digdaya

Jum'at, 12 November 2021 - 13:34 WIB
loading...
Scorpius, Senjata Peperangan Elektronik Canggih Bikin Israel Makin Digdaya
Desain sistem eletronic warfare Scorpius, senjata pertahanan terbaru yang membuat Israel semakin digdaya. Foto/Israel Aerospace Industries
A A A
TEL AVIV - Israel Aerospace Industries (IAI) meluncurkan senjata pertahanan canggih terbaru bernama Scorpius. Ini adalah keluarga sistem eletronic warfare (EW) atau peperangan elektronik yang dapat memerangi berbagai ancaman, termasuk UAV, jet tempur, rudal, kapal, hingga sistem radar.

Keluarga sistem Scorpius diluncurkan hari Kamis (11/11/2021). Senjata pertahanan ini menjadikan Israel semakin digdaya di Timur Tengah setelah selama ini sudah dilindungi sistem pertahanan berlapis mulai dari Iron Dome, Arrow dan David's Sling.



Selain senjata defensif berbagai macam tersebut, militer Zionis juga dilengkapi dengan senjata tempur mutakhir termasuk jet tempur siluman F-35 dan bahkan senjata nuklir—meski kepemilikan senjata pemusnah massal ini tak pernah disangkal maupun dikonfirmasi oleh pemerintah Israel.

Keluarga sistem Scorpius memindai seluruh area di sekitarnya untuk mencari target dan menyebarkan sinar terfokus sempit untuk mengganggu berbagai ancaman di seluruh spektrum elektromagnetik.

Sistem ini secara efektif mengganggu pengoperasian sistem elektromagnetik, termasuk radar, sensor elektronik, navigasi, dan komunikasi data.

Scorpius memiliki sensitivitas penerima dan daya transmisi yang belum pernah terjadi sebelumnya, memungkinkannya mendeteksi dan mengatasi berbagai ancaman dari berbagai jenis secara bersamaan dari jarak yang jauh lebih jauh daripada yang dapat dilakukannya di masa lalu.

Keluarga Scorpius mencakup lima sistem: Scorpius G (darat), N (laut), SP (perlindungan diri-udara), SJ (jammer kebuntuan udara) dan Scorpius T (pelatihan).

Scorpius G adalah sistem EW mobile berbasis darat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengganggu ancaman darat dan udara. Sistem ini dapat dengan cepat digunakan oleh kendaraan dan merupakan sistem pertahanan udara "soft-kill" yang menciptakan kubah perlindungan elektronik di atas area yang luas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)