Rusia Kembangkan Obat Mengandung Antibodi untuk Obati COVID-19

Rabu, 10 November 2021 - 16:22 WIB
loading...
Rusia Kembangkan Obat Mengandung Antibodi untuk Obati COVID-19
Rusia kembangkan obat mengandung antibodi untuk mengobati COVID-19. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Pusat Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Nasional Gamaleya Rusia sedang mengembangkan obat yang mengandung antibodi untuk mengobati pasien virus Corona baru . Hal itu diungkapkan direktur pusat penelitian itu Alexander Gintsburg.

"Saat ini kami sedang mengembangkan antibodi yang dapat diberikan kepada pasien virus Corona dalam bentuk obat," ungkap Gintsburg.

"Kami akan memulai uji klinis pada Januari tahun depan, dan saya berharap kami akan menyelesaikan uji klinis ini dalam tiga hingga empat bulan," tambah Gintsburg seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (10/11/2021).

Mengenai masalah penggunaan vaksin hidung terhadap infeksi virus corona baru daripada vaksinasi biasa, dia mengatakan akan diputuskan selama uji klinis dan belum ada jawaban pasti.

"Pertanyaannya bagus, benar, tidak ada jawaban tegas untuk ini. Selama uji klinis yang telah kami izinkan, salah satu pertanyaan yang akan diselesaikan akan menjadi pertanyaan yang sekarang Anda tanyakan kepada saya," Gintsburg mengatakan ketika ditanya apakah vaksin hidung terhadap COVID-19 dapat menggantikan suntikan atau akan digunakan sebagai suplemen untuk itu, misalnya, selama vaksinasi ulang.



Pusat Penelitian Gamaleya mengembangkan vaksin pertama di dunia untuk pencegahan COVID-19 yaitu Sputnik V.

Saat ini baru Inggris yang menjadi negara pertama mengobati COVID-19 dengan obat oral dalam bentuk pil. Molnupiravir dikembangkan oleh perusahaan obat Amerika Serikat (AS) Merck, Sharp and Dohme (MSD) dan Ridgeback Biotherapeutics. Obat ini adalah obat antivirus oral pertama untuk COVID-19 yang dapat diminum sebagai pil daripada disuntikkan atau diberikan secara intravena.

Molnupiravir ditemukan bekerja dalam kasus-kasus simtomatik dengan mengganggu replikasi virus COVID-19. Dengan mencegah virus berkembang biak, obat membantu menjaga tingkat virus dalam tubuh tetap rendah, mengurangi keparahan dan dampak penyakit.

Data uji klinis menunjukkan bahwa obat ini paling efektif bila diberikan selama tahap awal infeksi.

Merck mengatakan pendekatan itu harus membuat pengobatan sama efektifnya terhadap varian baru virus saat berkembang di masa depan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)