Pertumbuhan Pesat Militer China Membuat AS Makin Khawatir

Selasa, 09 November 2021 - 09:05 WIB
loading...
Pertumbuhan Pesat Militer China Membuat AS Makin Khawatir
China membuat tiruan kapal induk AS di gurun pasir Ruoqiang, Xinjiang, China, 20 Oktober 2021. Foto/Maxar Technologies/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pertumbuhan pesat militer China terus berlangsung. Beijing telah mengembangkan rudal hipersonik berkemampuan nuklir dan tiruan kapal induk Amerika Serikat (AS).

Tak hanya itu, China secara besar-besaran memperluas angkatan bersenjatanya, membuat militer AS semakin khawatir.

Ketika ketegangan meningkat di Laut China Selatan, citra satelit yang diambil Maxar Technologies pada Minggu menunjukkan China telah membangun tiruan kapal induk AS dan satu kapal perusak di tempat yang tampaknya merupakan lapangan tembak militer.



Pertumbuhan pesat dan peningkatan militer China telah menimbulkan kekhawatiran bahwa negara itu bersiap konfrontasi dengan Amerika.



"Kita menyaksikan salah satu pergeseran terbesar dalam kekuatan geo-strategis global yang telah disaksikan dunia," papar Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley, Rabu (3/11/2021), ketika berbicara tentang kemajuan militer China baru-baru ini pada diskusi forum keamanan yang disiarkan NBC News.



"Mereka jelas menantang kita secara regional dan aspirasi mereka adalah untuk menantang Amerika Serikat secara global," ujar dia.

Kemajuan China termasuk uji coba rudal hipersonik baru-baru ini, perluasan persenjataan nuklir, langkah-langkah di luar angkasa dan dunia maya, serta ancaman yang tampaknya setiap hari terhadap Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)