Rusia Marah Armada Keenam AS Berlayar ke Laut Hitam untuk Latihan Perang NATO

Senin, 01 November 2021 - 15:55 WIB
loading...
Rusia Marah Armada Keenam AS Berlayar ke Laut Hitam untuk Latihan Perang NATO
Kapal perang USS Mount Whitney menjadi andalan Armada Keenam AS. Foto/wikiwand
A A A
MOSKOW - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) melaporkan Armada Keenam AS bersama pasukan serbu dan pendukung Angkatan Laut NATO memulai operasi di Mediterania dan Laut Hitam.

Pasukan Eropa-Afrka Angkatan Laut AS (Armada Keenam) mengumumkan pada Senin (1/11/2021) bahwa kapal perang andalannya USS Mount Whitney menuju ke Laut Hitam untuk melakukan operasi dengan sekutu dan mitra NATO.

"#USSMountWhitney (LCC 20) andalan Armada Keenam, bersama staf SIXTHFLT (Armada Keenam) dan staf @STRIKFORNATO (Pasukan Penyerang dan Pendukung Angkatan Laut NATO), memulai transit ke utara ke #BlackSea untuk beroperasi dengan sekutu & mitra @NATO kami di wilayah!" ungkap Armada Keenam di Twitter.



Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengatakan pada Minggu bahwa dengan mengirimkan kapal militer ke perairan Laut Hitam, Amerika Serikat tidak menambah stabilitas di kawasan tetapi mencoba mendorong negara-negara pesisir menuju kebijakan konfrontatif.



Pada Sabtu, pusat kendali pertahanan Rusia mengatakan Armada Laut Hitam sedang memantau USS Porter, kapal perusak berpeluru kendali yang memasuki Laut Hitam.



Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan sebelumnya aliansi tersebut telah meningkatkan kehadirannya di Laut Hitam karena kepentingan strategisnya.

Kehadiran militer asing di Laut Hitam dianggap sebagai ancaman keamanan bagi Rusia. Moskow terus memantau pergerakan pasukan asing di kawasan tersebut.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)