Kapal Selam Alami Kerusakan Tabrak Benda Misterius di LCS, Pejabat AS Kelimpungan

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 22:29 WIB
loading...
Kapal Selam Alami Kerusakan Tabrak Benda Misterius di LCS, Pejabat AS Kelimpungan
Pejabat AS kelimpungan untuk memperbaiki kapal selam USS Connecticut yang mengalami kerusakan akibat menabrak benda misterius di Laut China Selatan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Kapal selam Amerika Serikat (AS) USS Connecticut mengalami kerusakan pada bagian depan dan tangki pemberatnya setelah menabrak benda tak dikenal di Laut China Selatan (LCS) awal bulan ini. Hal itu diungkapkan sebuah sumber yang dikatakan mengetahui penilaian kerusakan awal yang dilakukan oleh Angkatan Laut AS kepada USNI News.

Di kapal selam, tangki pemberat digunakan untuk mengontrol daya apung kapal. Tangki dibanjiri air saat kapal selam perlu tenggelam, dan dibersihkan dari air menggunakan udara bertekanan tinggi untuk membuatnya kembali mengapung.

Sumber outlet media itu menekankan bahwa reaktor nuklir dan sistem propulsi kapal selam tidak terganggu dalam insiden tersebut. Mereka tidak mengomentari apakah tabung torpedo kapal selam, yang terletak di bagian depan kapal kelas Seawolf, terpengaruh.

Sumber mengatakan kepada USNI News bahwa Angkatan Laut masih belum yakin apa yang dilakukan USS Connecticut selama patroli Laut China Selatan, tanpa objek yang "ditentukan secara pasti". Awal bulan ini, Politico melaporkan bahwa kapal selam itu mungkin menabrak fitur alam bawah laut. Namun, veteran Rusia, laksamana dan mantan komandan Armada Baltik Rusia Vladimir Valuyev mengatakan kepada Sputnik bahwa sistem navigasi kapal selam yang canggih seharusnya bisa mengesampingkan tabrakan dengan terumbu bawah laut atau formasi batuan.

Komando Sistem Laut Angkatan Laut dikatakan melanjutkan evaluasi ruang lingkup kerusakan.



Sementara itu penjabat asisten sekretaris Angkatan Laut Jay Stefany telah mengatakan kepada anggota parlemen bahwa perbaikan USS Connecticut kemungkinan akan mengganggu jadwal perbaikan kapal yang ada di empat galangan umum kapal Angkatan Laut yang sudah dikatakan kewalahan dengan tumpukan pesanan perbaikan dan retrofit.

“Jika kami akhirnya melakukan (perbaikan) di salah satu galangan kapal umum, itu pasti akan menyebabkan gangguan di semua pekerjaan lain di galangan kapal,” kata Stefany, berbicara di depan subkomite kesiapan Komite Angkatan Bersenjata DPR AS.

“Saat ini di Guam, itu catatan publik, tidak ada dry dock di Guam, mudah-mudahan subtender bisa melakukan pekerjaan itu, tapi itu masih harus dilihat. Itu hanya menunjukkan bagaimana dunia mendapat suara dan hal-hal berubah dan insiden tak terduga menciptakan lebih banyak permintaan untuk perbaikan. Kapal selam serang selalu menjadi sepupu yang buruk di galangan kapal publik dalam hal mendapatkan prioritas,” keluh pejabat itu seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (29/10/2021).

USS Connecticut adalah kapal selam kelas Seawolf – salah satu yang paling canggih, tetapi juga yang paling mahal. Ini adalah jenis kapal selam serang yang ada di gudang senjata Angkatan Laut AS. Hanya tiga kapal selam kelas Seawolf yang pernah dibuat, dengan pesanan untuk 26 kapal lagi dibatalkan pada 1990-an setelah berakhirnya Perang Dingin dan era pemotongan anggaran Pentagon yang berumur pendek.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1541 seconds (0.1#10.140)