Dorong Partisipasi Taiwan di PBB, AS Dapat Peringatan Halus dari Xi Jinping

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:04 WIB
loading...
Dorong Partisipasi Taiwan di PBB, AS Dapat Peringatan Halus dari Xi Jinping
Presiden China Xi Jinping mengirim peringatan halus kepada AS yang mendorong partisipasi Taiwan di PBB. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Pemimpin China Xi Jinping memberikan peringatan halus kepada Amerika Serikat (AS) yang mendorong partisipasi Taiwan di PBB dalam sebuah pidato.

“China secara konsisten mengejar kebijakan perdamaian luar negeri yang independen, menegakkan keadilan dan dengan tegas menentang hegemonisme dan politik kekuasaan,” katanya, tanpa menyebut nama AS.

"Aturan internasional hanya dapat dibuat oleh 193 Negara Anggota PBB bersama-sama, tidak diputuskan oleh masing-masing negara atau blok," tambah Xi Jinping seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (26/10/2021).

Jinping sendiri memuji kontribusi besar Beijing terhadap kemajuan hak asasi manusia di China dan luar negeri. Dia mengatakan China akan tetap berkomitmen pada jalur pembangunan damai dan selalu menjadi pembangun perdamaian dunia.

Baca juga: Bela China, Korut Kecam Dukungan AS untuk Taiwan

Xi Jinping berbicara panjang lebar untuk menandai setengah abad Republik Rakyat China (RRC) di PBB, setelah pengusiran kepemimpinan Taiwan dari badan pemerintahan global pada 25 Oktober 1971. Penugasan kembali China terjadi setelah pengesahan Resolusi Majelis Umum PBB 2758, yang mengakui RRC tetapi tidak mengatakan apa pun tentang status Taiwan, yang telah memerintah dirinya sendiri selama lebih dari tujuh dekade.



Atas latar belakang ini, Taipei - yang didukung oleh Washington - telah mencari partisipasi yang berarti di PBB dan badan-badan khususnya, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Beijing, yang menganggap Taiwan sebagai salah satu provinsinya, telah menolak setiap langkah, mengklaim pulau itu tidak memiliki hak untuk ambil bagian karena kurangnya status kenegaraan formal.

Selama akhir pekan, Departemen Luar Negeri AS mengungkapkan bahwa pejabat Amerika dan Taiwan telah mengadakan diskusi tingkat tinggi pada hari Jumat yang berfokus pada mendukung kemampuan Taiwan untuk berpartisipasi secara bermakna di PBB dan menyumbangkan keahliannya yang berharga untuk mengatasi tantangan global.

AS, yang memiliki hubungan tidak resmi dengan Taiwan, tidak mengambil posisi atas kedaulatan pulau itu. Ia berpendapat bahwa masyarakat internasional berdiri untuk mendapatkan dari pengetahuan Taiwan di berbagai bidang termasuk kesehatan masyarakat dan perubahan iklim.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2094 seconds (11.252#12.26)