Kolombia Akan Ekstradisi Bos Narkoba Paling Berbahaya di Dunia ke AS

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:07 WIB
loading...
A A A
Pihak berwenang AS telah menawarkan USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Kolombia juga menawarkan hadiah untuk penangkapan Otoniel sebesar 3 miliar peso (sekitar USD800.000) untuk informasi mengenai keberadaannya.

Menurut Molano, kedua hadiah akan segera dibayarkan. Dia menggambarkan Otoniel sebagai "jenis penjahat terburuk".

Otoniel adalah pemimpin kelompok perdagangan narkoba Clan del Golfo atau Gulf Clan yang beroperasi di 12 dari 32 provinsi Kolombia, dan memiliki sekitar 3.800 anggota. Itu adalah informasi dari Polisi Nasional Kolombia.

Clan del Golfo juga terlibat dalam penambangan ilegal, dan pemerintah menuduh kelompok tersebut mengancam dan membunuh pemimpin masyarakat di seluruh negeri.

Kepala Polisi Kolombia, Jenderal Jorge Vargas, mengatakan banyak informasi yang mengarah pada penangkapan Otoniel berasal dari anggota Clan del Golfo.

“Banyak orang Clan del Golfo mengkhianatinya,” kata Vargas.

Kementerian Pertahanan mengatakan Otoniel memperdagangkan sebanyak 200 ton kokain setahun dengan Clan del Golfo, dan bertanggung jawab atas kematian lebih dari 200 anggota pasukan keamanan Kolombia.

Pihak berwenang Kolombia meluncurkan Operasi Agamemnon pada tahun 2016 ketika mereka bekerja untuk mendekati Otoniel, membunuh dan menangkap puluhan anak buahnya, mengejar keuangannya dan memaksanya untuk terus bergerak.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)