Terungkap, Osama bin Laden Pernah Nyaris Diserahkan ke Raja Arab Saudi

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 05:23 WIB
loading...
Terungkap, Osama bin Laden Pernah Nyaris Diserahkan ke Raja Arab Saudi
Osama bin Laden, pendiri al-Qaeda yang dibunuh pasukan khusus AS di Pakistan. Tahun 1996, Sudan nyaris menyerahkannya kepada Raja Arab Saudi. Foto/REUTERS/File Photo
A A A
RIYADH - Osama bin Laden , pendiri dan pemimpin pertama kelompok teroris al-Qaeda, nyaris diserahkan Sudan kepada raja Arab Saudi tahun 1996. Namun pemimpin Saudi saat itu, Raja Abdullah, menolaknya karena Sudan meminta syarat Osama jangan diinterogasi atau bahkan diadili.

Pangeran Turki al-Faisal, mantan kepala intelijen Saudi, mengungkap upaya ekstradisi tersebut dalam sebuah wawancara di Channel 1.

Dalam wawancara pada 13 Oktober, yang diterjemahkan Middle East Media Research Institute (MEMRI), Jumat (22/10/2021), Pangeran al-Faisal mengatakan Raja Abdullah saat itu menolaknya karena akan menjadi pelanggaran Hukum Syariah yang dianut kerajaan.



Dia juga mengatakan bahwa pada saat itu, Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka tidak memiliki cukup bukti untuk mengadili Osama bin Laden dan karenanya menolak jika Osama diekstradisi ke AS.

Pangeran al-Faisal mengatakan bahwa dia tidak berpikir Osama bin Laden memiliki hubungan dengan organisasi intelijen mana pun, dan bahwa kehadirannya di media telah membantu membuatnya menjadi sosok yang lebih penting.

Dia memberi contoh jaringan berita Qatar, Al-Jazeera, yang menurutnya telah menggambarkan Osama sebagai "pahlawan besar" dan "syekh terkemuka" dan memungkinkan dia untuk menyebarkan "racun"-nya ke audiens muda.

Pangeran al-Faisal juga menyuarakan kecurigaannya bahwa Osama bin Laden memiliki hubungan dengan Iran, karena anak-anaknya menemukan perlindungan di negara itu selama invasi Amerika ke Afghanistan pada tahun 2003.

Berikut penggalan wawancara stasiun televisi Arab Saudi dengan Pangeran al-Faisal:

Pewawancara: "Dalam buku Anda, Anda menulis bahwa pada tahun 1996, orang Sudan menawarkan untuk menyerahkan Osama bin Laden kepada Amerika, tetapi Amerika mengatakan bahwa mereka tidak memiliki cukup bukti untuk mengadilinya."

Turki al-Faisal: "Ya, inilah yang terjadi. Saya tidak tahu mengapa Amerika mengatakan ini, tetapi seperti yang saya katakan, Presiden [Sudan saat itu] al-Bashir telah mengajukan penawaran ini kepada Raja Abdullah, sebelum dia menawarkannya kepada Amerika."

Pewawancara: "Apa yang terjadi di antara mereka?"

Turki al-Faisal: "Saya tidak hadir, tetapi dari apa yang saya dengar dari para pejabat, seperti yang saya sebutkan dalam buku saya, Presiden al-Bashir berkata kepada Raja Abdullah: 'Kami ingin menyerahkan bin Laden kepada Anda,' atau semacamnya sepanjang garis ini. Jadi Raja Abdullah berkata kepada [al-Bashir]: 'Dengan segala cara, kami akan membuat pengaturan.' Kemudian [al-Bashir] berkata: 'Tetapi saya memiliki satu syarat: Bahwa Anda tidak mengadilinya atau menginterogasinya jika kami mengekstradisi dia'. Raja Abdullah berkata kepadanya: "Kami tidak bisa melakukan itu. Kami mematuhi syariah, dan tidak ada seorang pun di atas syariah. Dia akan dimintai pertanggungjawaban sesuai dengan apa yang dia lakukan." [Al-Bashir] terdiam dan tidak mengulangi tawaran kepada Raja Abdullah. Setelah itu, mereka mencoba menyerahkan bin Laden kepada Amerika. Saya pikir ini disebutkan oleh Presiden Clinton dalam memoarnya...Saat itu, Amerika melakukannya tidak memiliki bukti yang membuktikan aktivitas bin Laden melawan AS Jadi bahkan jika dia telah diserahkan kepada mereka, mereka tidak dapat mengadilinya, menurut posisi resmi mereka."

Pewawancara: "Dalam buku Anda, Anda mengangkat sejumlah isu. Bin Laden memiliki wawancara panjang dengan saluran Amerika, BBC...Maaf, BBC adalah Inggris...[Bin Laden] memiliki kehadiran media. Dia menerima telepon satelit pertamanya dari London. Komunikasinya disiarkan dari kantornya di London. Propaganda media...Anda mengatakan bahwa bin Laden adalah orang yang tidak canggih, yang pengaruhnya hanya berasal dari media."

Turki al-Faisal: "Tidak diragukan lagi. Lihat bagaimana Al-Jazeera di Qatar mempromosikannya. Mereka membuatnya menjadi pahlawan besar dan syekh terkemuka. Apa lagi yang mereka katakan tentang dia? Dua ini sudah cukup. Melalui [Al-Jazeera], dia menemukan platform [untuk menjangkau] orang-orang muda, tidak hanya di antara kita, tetapi di seluruh dunia, sehingga dia dapat memengaruhi mereka terhadap keyakinannya, yang bertentangan dengan kemanusiaan secara keseluruhan–tidak hanya melawan Muslim, dalam pandangan saya. Ini seperti seseorang yang menggunakan media tertentu untuk menyebarkan racunnya, dan kemudian media yang dia gunakan menerima dan bahkan mempromosikan tindakannya."

Pewawancara: "Melalui pekerjaan Anda di arsip Afghanistan, apakah Anda menemukan bahwa Osama bin Laden memiliki hubungan dengan dinas rahasia di wilayah tersebut?"

Turki al-Faisal: "Tidak, tidak dalam arti kata yang sebenarnya."

Pewawancara: “Mungkin memfasilitasi kegiatannya...”

Turki al-Faisal: "Tetapi tidak ada keraguan bahwa dia memiliki hubungan dengan TV Al-Jazeera. Maksud saya, di mana siaran video pertama bin Laden? Itu disiarkan di Al-Jazeera. Bisakah Al-Jazeera dianggap sebagai dinas rahasia? Mungkin. Tapi itu menampilkan dirinya sebagai organisasi media yang menyerukan berbagai hal. Ini adalah sifat ikatan di antara mereka. Dari membaca dokumen yang diterbitkan setelah bin Laden terbunuh–tentang hubungannya dengan Iran, misalnya–saya percaya bahwa dia memiliki hubungan dengan dinas [keamanan] Iran."

Pewawancara: "Anak-anaknya ada di Iran."

Turki al-Faisal: "Ya. Ketika Amerika menginvasi Afghanistan, hal pertama yang dilakukan bin Laden adalah mengirim keluarganya ke Iran. Dia tidak mengirim mereka bahkan ke Pakistan. Ini berarti pasti ada hubungan dengan mereka."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)