Korea Utara Konfirmasi Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam

Rabu, 20 Oktober 2021 - 06:07 WIB
loading...
Korea Utara Konfirmasi Luncurkan Rudal Balistik dari Kapal Selam
Korea Utara (Korut) mengkonfirmasi telah melakukan uji coba rudal balistik dari kapal selam. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) mengatakan telah melakukan uji coba rudal balistik baru dari kapal selam (SLBM). Demikian laporan media pemerintah Korut, Rabu (20/10/2021), sehari setelah pihak berwenang di Korea Selatan (Korsel) dan Jepang mendeteksi adanya uji coba senjata.

"SLBM tipe baru diluncurkan dari kapal selam yang sama yang terlibat dalam uji coba SLBM sebelumnya pada tahun 2016," kata kantor berita Korut, KCNA, yang dinukil Reuters.

KCNA menyatakan bahwa SLBM tipe baru ini menampilkan teknologi panduan kontrol canggih termasuk mobilitas sayap dan mobilitas lompat luncur.

“(SLBM) akan sangat berkontribusi untuk menempatkan teknologi pertahanan negara pada tingkat tinggi dan untuk meningkatkan kemampuan operasional bawah laut angkatan laut kita,” tambah KCNA.

Pemimpin Korut Kim Jong Un dilaporkan tidak menghadiri tes tersebut.

Sebelumnya militer Korea Selatan (Korsel) pada hari Selasa melaporkan bahwa mereka yakin Korut telah menembakkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM) di lepas pantai timurnya. Ini adalah uji coba terbaru dalam serangkaian uji coba rudal Korea Utara.



"Rudal itu diluncurkan dari laut di sekitar Sinpo, tempat Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak SLBM," Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan pada Selasa kemarin.

Baca juga: Rezim Kim Jong-un Tembakkan Rudal saat Intelijen AS, Korsel dan Jepang Berkumpul

Analis mencatat bahwa foto-foto yang dirilis oleh KCNA tampaknya menunjukkan rudal yang lebih tipis dan lebih kecil dari desain SLBM Korut sebelumnya, dan mungkin model yang sebelumnya tidak terlihat seperti yang pertama kali dipamerkan di pameran pertahanan Pyongyang pekan lalu.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1465 seconds (10.101#12.26)