Beijing Bangga Film Tentara China Kalahkan AS dalam Perang Jadi yang Terlaris

Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:22 WIB
loading...
Beijing Bangga Film Tentara China Kalahkan AS dalam Perang Jadi yang Terlaris
Film The Battle at Lake Changjin yang mengisahkan pasukan China mengalahkan AS dalam Perang Korea meski Beijing tak unggul dalam hal senjata. Foto/Screenshot YouTube
A A A
BEIJING - Sebuah film yang menggambarkan pasukan China mengalahkan tentara Amerika Serikat (AS) dalam Perang Korea menjadi salah satu film terlaris di negara Tirai Bambu. Media pemerintah setempat bahkan mengeklaim sebagai film terlaris sepanjang sejarah.

"The Battle at Lake Changjin" adalah film yang didanai negara China tentang sekelompok pasukan China yang mengalahkan AS meski Beijing kalah canggih dalam hal senjata.

Baca juga: Nur Sajat Transgender yang Mejeng di Depan Kakbah Kini Ada di Australia

Film ini memulai debutnya pada 30 September 2021 dan telah meraup sekitar USD770 juta setelah akhir pekan ketiganya.

Menurut Variety, film tersebut sudah memiliki box office tertinggi keempat dalam sejarah China.

Prakiraan dari agen tiket China Maoyan memperkirakan bahwa film tersebut akan meraup setidaknya USD843 juta.



Media pemerintah, The Global Times, pada Senin (18/10/2021), mengolok-olok sinema Amerika dengan mengatakan: "Tidak seperti kisah-kisah superhero ilusi di Barat, Pertempuran di Danau Changjin China berasal dari sejarah nyata."

Laporan media itu kemudian dengan bangga mengeklaim bahwa pendahulu dan martir China adalah legenda yang lebih luar biasa dan nyata dibandingkan dengan para pahlawan yang hanya ada di film.

Baca juga: Colin Powell Meninggal, antara Penjahat Perang Irak dan Pahlawan AS

Demam film "The Battle at Lake Changjin" terjadi di China ketika negara itu sedang bersitegang dengan AS. Beijing berseteru dengan Washington dalam berbagai isu, mulai dari krisis Taiwan, perang dagang, perlombaan senjata canggih, perlombaan teknologi, masalah hak asasi manusia, hingga masalah Laut China Selatan.

Film Barat terlaris di China adalah "Avengers: Endgame", yang meraup sekitar USD660 juta, diikuti oleh "The Fate of the Furious" dengan sekitar USD415 juta.
(min)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1524 seconds (11.252#12.26)