Senator AS Ucapkan Selamat Ultah US Navy tapi Fotonya Kapal Perang Buatan China

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 16:06 WIB
loading...
Senator AS Ucapkan Selamat Ultah US Navy tapi Fotonya Kapal Perang Buatan China
Akun Twitter Senator Senator James Risch memposting ucapan selamat ulang tahun Angkatan Laut Amerika Serikat tapi fotonya kapal perang buatan China. Foto/Screenshot Twitter @SenatorRisch
A A A
WASHINGTON - Seorang senator Amerika Serikat (AS) mem-posting ucapan selamat ulang tahun kepada Angkatan Laut Amerika (US Navy) di Twitter. Namun, foto yang di-posting dalam ucapannya itu justru gambar kapal perang buatan China .

Posting dari Senator James Risch, politisi Partai Republik asal Idaho, pada hari Rabu lalu langsung menuai beragam kritik pedas dari warga Amerika. Terlebih, militer China saat ini dipandang sebagai salah satu rival terkuat Amerika.



“Selama 246 tahun, @USNavy telah menjawab seruan untuk membela Amerika dari ancaman di luar negeri sehingga kami dapat tetap aman di dalam negeri,” tulis Senator Risch di Twitter.

"Hari ini, kita merayakannya," lanjut posting-nya yang disertai foto kapal perang buatan China, seperti dikutip dari Military.com, Kamis (14/10/2021).

Di bawah pesan yang dia tulis memang terdapat logo Angkatan Laut AS. Namun, foto kapal perang yang dia pamerkan jelas bukan buatan Amerika.

“Bukan kapal AS,” kritik Dave Brown, editor pertahanan di Politico, membalas tweet senator tersebut.

“Tampaknya kapal patroli lepas pantai kelas Pattani milik Angkatan Laut Kerajaan Thailand, yang berarti di dalamnya dibangun oleh China," lanjut dia.

Risch duduk di Select Committee on Intelligence dan merupakan anggota Komite Hubungan Luar Negeri Parlemen AS.

Menyadari bahwa foto yang diunggah memicu kritik, pihak senator bergegas memberikan klarifikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)