Targetkan Gubernur Aden, Bom Mobil di Yaman Tewaskan 6 Orang

Senin, 11 Oktober 2021 - 04:02 WIB
loading...
Targetkan Gubernur Aden, Bom Mobil di Yaman Tewaskan 6 Orang
Bom mobil meledak di Aden, Yaman. FOTO/Reuters
A A A
ADEN - Gubernur Ahmed Lamlas dan Menteri Pertanian Salem al-Suqatri selamat dari bom mobil yang menewaskan sedikitnya enam orang. Bom yang menargetkan konvoi Gubernur Provinsi Aden, Yaman itu mengguncang kota pelabuhan yang terletak di sebelah selatan Yaman, Minggu (10/10).

“Gubernur Ahmed Lamlas dan Menteri Pertanian Salem al-Suqatri, keduanya anggota kelompok separatis di Yaman selatan, selamat dari "usaha pembunuhan teroris",” lapor kantor berita negara Yaman, seperti dikutip dari Aljazeera.



Sementara Menteri Penerangan Moammar al-Iryani mengatakan, ledakan itu menewaskan enam orang di antara rekan-rekan Lamlas dan melukai sedikitnya tujuh orang yang lewat. Turut tewas dalam serangan itu adalah Sekretaris Pers gubernur dan fotografernya, serta beberapa anggota rombongan Gubernur Aden.

Dari foto yang beredar nampak sebuah tubuh ditutupi dengan selimut tergeletak di jalan di samping kendaraan hangus di distrik al-Tawahi, yang menampung markas besar Dewan Transisi Selatan (STC). Petugas pemadam kebakaran dan polisi dikerahkan ke lokasi.



Lamlas adalah Sekretaris Jenderal STC, sebuah kelompok separatis yang telah bersaing dengan pemerintah yang didukung Saudi untuk menguasai Aden dan wilayah selatan Yaman yang lebih luas. Al-Suqatri juga merupakan anggota STC yang didukung Uni Emirat Arab, yang telah melihat pertikaian di antara jajarannya.

Pemerintah dan STC adalah sekutu nominal di bawah koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi, yang telah memerangi gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran. Ketidakstabilan di selatan mempersulit upaya perdamaian yang dipimpin PBB.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)