Selamatkan 12 Tentara SAS di Afghanistan, Sepasang Anjing Ini Dapat Medali Keberanian

Minggu, 10 Oktober 2021 - 13:02 WIB
loading...
Selamatkan 12 Tentara SAS di Afghanistan, Sepasang Anjing Ini Dapat Medali Keberanian
Sepasang anjing pasukan khusus Inggris mendapat medali keberanian setelah menyelamatkan 12 pasukan SAS di Afghanistan. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Sepasang anjing pasukan khusus Inggris menerima medali keberanian setelah menyelamatkan nyawa 12 tentara SAS di Afghanistan.

Kedua anjing jenis Malinoi Belgia yang sangat terlatih ini ditarik dari Afghanistan beberapa jam sebelum Ibu Kota, Kabul, jatuh ke tangan Taliban.

Hewan - yang dikenal sebagai hiu darat oleh pawangnya - diketahui telah membunuh setidaknya enam pemberontak saat mendukung kerja pasukan khusus Inggris itu.



Dalam salah satu misi terakhir mereka awal tahun ini, anjing-anjing itu memainkan peran kunci dalam menangkap seorang komandan yang digambarkan sebagai "target bernilai tinggi".

Hewan-hewan itu melawan enam pria bersenjata Taliban. Keduanya menerima luka akibat pecahan peluru tetapi hanya berhenti menyerang ketika pawang mereka memberi sinyal.

"Semua anjing pasukan khusus itu luar biasa. Mereka menemani SAS di setiap operasi dan telah menyelamatkan nyawa puluhan tentara. Mereka akan mendapatkan medali keberanian jika mereka adalah tentara, jadi ada kemungkinan besar mereka akan mendapatkan semacam pengakuan," ucap sebuah sumber.



"Mereka brilian untuk moral. Anjing-anjing mengenal semua pria dan tidak menyukai yang lebih baik daripada perut mereka digosok dan telinga mereka digelitik," terangnya.

"Tapi begitu mereka bekerja, mereka menjadi pejuang yang tangguh," tegasnya seperti dikutip dari Daily Star, Minggu (10/10/2021).

Hewan-hewan ini akan beristirahat sebelum mengambil bagian dalam lebih banyak operasi atau misi rahasia di Suriah dan Irak.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)