Besok Disuntik Mati, Wanita Ini Rayakan Hari Terakhir dengan Bir

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 14:54 WIB
loading...
Besok Disuntik Mati, Wanita Ini Rayakan Hari Terakhir dengan Bir
Martha SepĂşlveda Campo, 51, wanita pertama Kolombia yang diizinkan menjalani euthanasia atau suntik mati meski penyakitnya non-mematikan. Foto/Noticias Caracol
A A A
BOGOTA - Wanita Kolombia ini akan mengakhiri hidup pada Minggu (10/10/2021) besok dengan euthanasia atau suntik mati. Dia bercanda dengan putranya dengan menenggak bir untuk merayakan hari terakhir hidupnya.

Martha SepĂşlveda Campo, 51, tersenyum di depan kamera televisi sambil bercanda dengan putranya. Permintaannya untuk euthanasia dikabulkan oleh otoritas berwenang untuk mengakhiri sakit amyotrophic lateral sclerosis atau ALS yang dideritanya.

“Dari tingkat spiritual, saya benar-benar tenang,” kata Sepúlveda, yang mendefinisikan dirinya sebagai "seorang Katolik yang sangat beriman", dalam sebuah wawancara dengan jaringan televisi Kolombia, Noticias Caracol.



SepĂşlveda akan menjadi pasien pertama dengan penyakit non-terminal yang menerima euthanasia di Kolombia, negara yang dianggap sebagai pelopor dalam hak atas kematian yang bermartabat, baik di Amerika Latin maupun secara global.

“Tuhan tidak ingin melihat saya menderita, dan saya percaya bahwa tidak seorang pun, tidak ada orang tua yang ingin melihat anak-anaknya menderita,” kata Sepúlveda, yang menderita penyakit degeneratif sejak 2019.

Seiring waktu, gejalanya semakin parah, sampai dia tidak bisa lagi berjalan tanpa bantuan. Diagnosisnya adalah amyotrophic lateral sclerosis atau ALS, penyakit sistem saraf yang memengaruhi mobilitas tubuh.

"Dalam keadaan yang saya miliki, hal terbaik yang bisa terjadi pada saya adalah beristirahat," katanya.

Kolombia adalah negara pertama di Amerika Latin yang mendekriminalisasi euthanasia, tepatnya mulai tahun 1997. Ia juga merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang prosedurnya legal. Tapi sampai tahun ini, itu hanya diperbolehkan dalam kasus penyakit terminal.

Pada 22 Juli, Mahkamah Konstitusi Kolombia memperluas hak, mengizinkan prosedur euthanasia asalkan pasien menderita penderitaan fisik atau mental yang intens akibat cedera tubuh atau penyakit serius dan tidak dapat disembuhkan.

Empat hari kemudian, SepĂşlveda meminta izin, yang akhirnya diberikan pada 6 Agustus 2021.

“Saya lebih tenang karena prosedur itu disahkan. Saya lebih banyak tertawa, saya tidur lebih tenang,” kata wanita yang mendapat dukungan sebagian besar keluarganya.

Sebanyak 11 saudara kandungnya setuju dengan prosedur tersebut, dan putranya telah berada di sisinya di hari-hari terakhirnya. “Saya membutuhkan ibu saya, saya ingin dia bersama saya, hampir dalam kondisi apa pun, tetapi saya tahu bahwa dalam kata-katanya dia tidak lagi hidup, dia bertahan,” kata Federico Redondo Sepúlveda kepada Noticias Caracol.

Namun, tidak semua orang dalam keluarga setuju, terutama karena alasan agama. “Dengan ibu saya, masalahnya menjadi lebih sulit,” kata Sepúlveda."Tetapi saya pikir jauh di lubuk hatinya dia juga memahaminya.”

Keputusannya menghadapi kritik keras, di negara dengan mayoritas besar penganut Katolik Roma dan di mana gereja masih menyebut eutanasia sebagai “pelanggaran serius.”

Inilah tepatnya yang ditunjukkan oleh Konferensi Waligereja Kolombia dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah keputusan pengadilan pada bulan Juli. Monsignor Francisco Antonio Ceballos Escobar mengatakan bahwa itu adalah "pembunuhan yang sangat bertentangan dengan martabat pribadi manusia dan rasa hormat ilahi dari penciptanya" dan menyerukan untuk merawat orang sakit alih-alih memfasilitasi prosedur.

Sepúlveda menyadari hal ini dan telah mendiskusikannya dengan para pendetanya. “Saya tahu bahwa pemilik kehidupan adalah Tuhan, ya. Tidak ada yang bergerak tanpa kehendaknya," katanya.

Tetapi dia juga mengatakan dia pikir Tuhan "mengizinkan ini".

Camila Jaramillo Salazar, seorang pengacara untuk keluarga tersebut, mengatakan keputusan SepĂşlveda telah mengumpulkan banyak dukungan dari Kolombia, meskipun ada kritik dari gereja Katolik.

Faktanya, lebih dari 72 persen dari mereka yang disurvei oleh jajak pendapat Colombia Opina terbaru oleh Invamer mengatakan mereka setuju dengan euthanasia, dengan persentase yang lebih tinggi di kota-kota terbesar di negara itu.

"Mungkin Kolombia bisa menjadi negara terkemuka dalam hal kemajuan kematian yang bermartabat," kata pengacara itu kepada Noticias Caracol.

Eutanasia didekriminalisasi pada tahun 1997 dalam kasus penyakit terminal, ketika pasien menderita banyak rasa sakit, memintanya secara sukarela dan dilakukan oleh dokter. Namun pemerintah tidak memberikan aturan yang mengizinkannya hingga 20 April 2015.

Sejak itu, hanya 157 prosedur yang telah dilakukan di negara tersebut, menurut data dari Kementerian Kesehatan. Untuk setiap lima permintaan euthanasia, dua diotorisasi, kata DescLAB, Laboratorium Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya.

Pasien euthanasia pertama di negara itu adalah Ovidio González Correa, seorang pria berusia 79 tahun dengan wajah cacat oleh tumor yang menjadi simbol perjuangan untuk hak euthanasia.

Kini giliran SepĂşlveda yang mencatatkan sejarah sebagai orang pertama tanpa penyakit mematikan yang mengakses kematian yang bermartabat.

“Karena kami selalu pergi ke gereja pada hari Minggu, ke Misa, saya memilih hari itu,” katanya.

Ketika ditanya tentang mereka yang berpikir dia seharusnya berjuang untuk hidup alih-alih meminta kematian yang dibantu, SepĂşlveda mengatakan dia juga melalui pertempuran.

“Saya akan menjadi pengecut, tetapi saya tidak ingin menderita lagi,” katanya. “Untuk berjuang? Saya berjuang untuk beristirahat."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)