CIA Bentuk Pusat Misi China untuk Lawan Pengaruh Beijing

Kamis, 07 Oktober 2021 - 21:18 WIB
loading...
CIA Bentuk Pusat Misi China untuk Lawan Pengaruh Beijing
Direktur CIA William Burns. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Badan Intelijen Sentral (CIA) membentuk unit tingkat tinggi yang bertujuan mempertajam fokus CIA terhadap China . Saat ini hubungan Washington dan Beijing sedang memanas.

Direktur CIA William Burns mengatakan pada Kamis (7/10/2021) bahwa Pusat Misi China yang dia dirikan "melintasi semua area misi badan tersebut."

Dia mencatat bahwa kekhawatiran CIA adalah, "Ancamannya berasal dari pemerintah China, bukan rakyatnya."



Seorang pejabat senior CIA membandingkan pembentukan unit China oleh Burns dengan fokus ketat CIA pada Rusia selama Perang Dingin dan dengan konsentrasinya pada kontraterorisme setelah serangan 11 September di New York dan Washington pada 2001.



Tidak ada unit tingkat tinggi yang secara eksplisit berfokus pada China sebelumnya telah dibentuk oleh CIA, bahkan setelah serangan keras terhadap China oleh mantan presiden Donald Trump dan para pembantunya.



“Unit baru China adalah salah satu dari beberapa perombakan yang dihasilkan dari tinjauan luas yang diluncurkan CIA musim semi lalu,” ungkap pejabat senior AS yang berbicara dengan syarat anonim.

Dalam bulan-bulan pertama pemerintahan Biden, hubungan dengan Beijing memburuk karena perbedaan mendalam dalam banyak masalah, termasuk hak asasi manusia, Hong Kong, dan Laut Cina Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)