Seteru Memanas, China Kerahkan Jet Tempur J-16D ke Dekat Taiwan

Kamis, 07 Oktober 2021 - 13:52 WIB
loading...
A A A
“Pengerahan 52 pesawat [dalam serangan mendadak pertama] pada hari Senin menunjukkan kekuatan tempur penerbangan PLA. Saya berekspektasi lebih banyak jenis pesawat PLA akan dikirim di masa depan, dengan serangan mendadak terbesar yang melibatkan lebih dari 100 [pesawat]," ujarnya.

Seorang sumber militer di Beijing yang berbicara dengan syarat anonim mengonfirmasi bahwa J-16D telah dikerahkan ke pangkalan udara di dekat Taiwan. Sumber itu mencatat bahwa pesawat-pesawat itu dalam layanan aktif setelah melakukan debutnya di pertunjukan udara baru-baru ini di Zhuhai.



Dia menyebut gelombang aktivitas militer di dekat Taiwan sebagai “bagian dari pelatihan kesiapan tempur”.

Chang mengatakan PLA telah meningkatkan latihan militer bersama untuk mempersiapkan potensi konflik atas Taiwan, dengan pesawat tempur dikirim dari tempat lain di negara itu untuk mendapatkan dukungan.

Dia mengatakan latihan itu meningkatkan risiko insiden di jalur air sempit yang memisahkan daratan China dari pulau Taiwan.

“Meningkatnya serangan udara dari PLA berarti lebih banyak jet tempur dari Taiwan perlu melakukan misi scramble, yang meningkatkan kemungkinan tabrakan karena tidak ada aturan keterlibatan,” kata Chang.

PLA juga telah memperluas pangkalan rudal di Komando Teater Timur dan Selatan-nya.

Pangkalan Pasukan Roket telah ditingkatkan untuk mengakomodasi sistem yang lebih canggih termasuk rudal hipersonik DF-17 dan rudal jelajah presisi CJ-10.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)