Menlu AS Blinken: Sheikh Jarrah Dapat Memicu Perang Baru

Sabtu, 02 Oktober 2021 - 19:01 WIB
loading...
Menlu AS Blinken: Sheikh Jarrah Dapat Memicu Perang Baru
Warga Palestina bentrok dengan polisi Israel di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, 4 Mei 2021. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyatakan keprihatinannya tentang pengusiran keluarga Palestina dari Sheikh Jarrah dan meningkatnya ketegangan di Masjid Al-Aqsa.

Dia khawatir hal ini dapat menyebabkan perang baru. Saat berbicara dengan portal berita Walla Israel! Pada Jumat (1/10/2021), Blinken menyatakan AS memahami perlunya memulangkan tentara Israel yang ditahan di Gaza dan AS akan membantu.

Namun, dia menolak mengaitkan ini dengan rekonstruksi Gaza yang memiliki kebutuhan mendesak. “Kita harus memberi mereka harapan. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencegah perang baru," papar dia.



Menurut Walla! Blinken menjelaskan dia berbicara dengan Arab Saudi dan Qatar serta memberi pengarahan kepada mereka tentang pembicaraannya dengan Otoritas Palestina (PA) dan Israel.



Blinken meminta Saudi dan Qatar memobilisasi rekonstruksi Gaza.



Blinken menegaskan konflik Israel-Palestina masih berlangsung dan perlu ditangani. “Pemerintahan Biden tidak berpikir situasi saat ini siap untuk membuat kemajuan besar dalam proses perdamaian karena krisis politik di Israel dan ketidakstabilan internal Otoritas Palestina,” ujar dia.

Dia mengatakan, “Konflik Israel-Palestina tidak bisa menghilang secara ajaib dan semua pihak harus mengakui kenyataan ini."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1788 seconds (0.1#10.140)