Kapal Perang Inggris Terobos Selat Taiwan Menuju Vietnam

loading...
Kapal Perang Inggris Terobos Selat Taiwan Menuju Vietnam
Kapal perang Inggris, HMS Richmond, menerobos Selat Taiwan menuju Vietnam, Senin (27/9/2021). Foto/Twitter @HMSRichmond
TAIPEI - Sebuah kapal perang Inggris dari kelompok tempur kapal induk HMS Queen Elizabeth telah menerobos Selat Taiwan pada Senin (27/9/2021). Kapal tersebut menuju Vietnam.

Melalui akun Twitter-nya, HMS Richmond—sebuah fregat Type 23 dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris, mengumumkan bahwa ia melewati Selat Taiwan dalam perjalanannya ke Vietnam untuk terhubung dengan Angkatan Laut Rakyat Vietnam.

Baca juga: Bak Dinosaurus, Kapal Selam Nuklir Australia Rp1.425 Triliun Tak Akan Berguna

HMS Richmond, yang merupakan bagian dari Carrier Strike Group 21 (CSG-21) Inggris yang dipimpin oleh kapal induk HMS Queen Elizabeth, menyatakan baru saja mengalami "masa sibuk bekerja dengan mitra dan sekutu di Laut China Timur."



Setelah Brexit atau keluarnya Inggris dari Uni Eropa, Inggris telah berusaha untuk memperkuat kehadirannya di Kawasan Indo-Pasifik dan meningkatkan kerja sama pertahanan dan keamanan dengan Jepang.

Pada 4 September 2021, kapal induk HMS Queen Elizabeth melakukan kunjungan pertamanya ke pelabuhan Jepang setelah latihan dengan Pasukan Bela Diri Jepang dan Pasukan AS pada bulan Agustus.

Dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asia, Tony Radakin, seorang laksamana senior Angkatan Laut Kerajaan Inggris, mengatakan bahwa sangat jelas bahwa Selat Taiwan adalah "bagian dari Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."

"Sangat jelas bahwa Selat Taiwan adalah perairan internasional," katanya."Ini adalah jalur air yang dapat digunakan oleh berbagai negara," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Vanuatu, Negara Kecil yang Selalu Usik Indonesia soal Papua Barat

Selain kapal perang Inggris, kapal perang Amerika Serikat (AS) kerap melintasi Selat Taiwan yang membuat kesal China.



Beijing sampai saat ini masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari China, meski pulau itu sudah memerintah sendiri secara demokratis.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top