Pentagon Ungkap Fasilitator ISIS-K yang Tewas dalam Serangan Drone di Afghanistan

Jum'at, 24 September 2021 - 10:57 WIB
loading...
Pentagon Ungkap Fasilitator ISIS-K yang Tewas dalam Serangan Drone di Afghanistan
Pentagon identifikasi fasilitator ISIS-K yang tewas dalam serangan drone di Afghanistan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pentagon telah mengidentifikasi seorang anggota ISIS yang diduga tewas dalam serangan pesawat tak berawak atau drone di Afghanistan bulan lalu. Pentagon mengklaim ia adalah sosok yang berada di balik serangan terhadap pasukan Amerika Serikat (AS).

Juru bicara pusat komando AS, John Rigsbee mengatakan, serangan drone pada 27 Agustus di provinsi timur Nangarhar menewaskan seorang fasilitator ISIS-K dengan profil tinggi bernama Kabir Aidi. Ia juga mencatat bahwa pria itu dikenal dengan nama Mustafa.



"Refleksi pasca-serangan menunjukkan bahwa Kabir Aidi secara langsung terhubung dengan para pemimpin ISIS-K yang mengoordinasikan serangan 26 Agustus di (Bandara Internasional Hamid Karzai)," kata juru bicara itu, merujuk pada bom bunuh diri yang menewaskan sedikitnya 169 warga sipil Afghanistan dan 13 tentara Amerika selama upaya evakuasi tergesa-gesa bulan lalu seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (24/9/2021).

Rigsbee mengungkapkan Aidi terlibat dalam perencanaan serangan dan produksi IED magnetik, serta distribusi bahan peledak dan rompi bunuh diri.

"Dia terhubung langsung dengan aliran ancaman di Kabul selama evakuasi non-pejuang di Bandara Internasional Hamid Karzai,” ia menambahkan.

Rigsbee tidak memberikan indikasi bagaimana militer sampai pada kesimpulan itu, tetapi juga menuduh Aidi berada di balik serangan sebelumnya di Ibu Kota Afghanistan, termasuk di Universitas Kabul pada November 2020.

Serangan di Nangarhar, serta pemboman pesawat tak berawak lainnya di Kabul pada 29 Agustus, diluncurkan sebagai pembalasan atas serangan bom di bandara Kabul. Itu terjadi ketika Washington menarik personel milter yang tersisa setelah perang 20 tahun.

Namun, sementara CENTCOM awalnya mengklaim operasi Kabul sukses dengan Ketua Kepala Staf Gabungan Mark Milley bahkan menganggapnya sebagai “serangan yang benar” – militer sejak itu mengakui bahwa seorang pria yang awalnya dianggap sebagai pejuang ISIS, pada kenyataannya seorang non-kombatan. Militer AS juga mengakui jika serangan pesawat tak berawak itu menewaskan sembilan warga sipil lainnya, termasuk tujuh anak-anak.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)