Polisi Israel Siksa dan Lecehkan Napi Palestina yang Sempat Kabur

Kamis, 16 September 2021 - 23:29 WIB
loading...
Polisi Israel Siksa dan Lecehkan Napi Palestina yang Sempat Kabur
Banyak orang Palestina merayakan keberhasilan enam napi membobol Penjara Gilboa. Foto/Al Araby
A A A
YERUSALEM - Pengacara dua napi Palestina yang sempat kabur dari penjara berkeamanan maksimum Israel mengatakan bahwa kliennya telah disiksa dan mengalami pelecehan sejak ditangkap kembali oleh polisi Israel.

Senin lalu, enam tahanan Palestina yang berhasil melarikan diri dengan berani dari penjara dengan keamanan tinggi Penjara Gilboa, menyebabkan rasa malu bagi Israel dan kegembiraan di Palestina.

Empat dari enam napi pelarian itu telah ditangkap.

Pengacara dari dua orang yang ditangkap menyatakan klien mereka diperlakukan dengan buruk oleh pihak berwenang Israel.

"Mohammed al-Arda telah dipukuli dan disiksa, menurut pengacaranya Khaled Mahajneh," kata Komisi Palestina untuk Urusan Tahanan dan Mantan Tahanan (CDA) seperti dikutip dari Al Araby, Kamis (16/9/2021).



Mahajneh juga mengatakan al-Arda tidak diizinkan untuk tidur lebih dari 10 jam sejak ditahan lagi, dan dikurung di sel kecil. Ia bahkan tidak diberi makan, dan baru makan untuk pertama kalinya kemarin.

Mahajneh juga mengklaim pelarian itu terluka di sekujur tubuhnya saat keamanan Israel mengejarnya, di mana dia masih belum menerima perawatan. Ia bahkan diserang secara fisik selama penangkapannya kembali.

"Kamu tidak pantas untuk hidup. Kamu pantas bagiku untuk menembakmu di kepala," kata seorang penyelidik kepada Mohammed, kata pengacaranya.

"Tahanan Mohammed al-Arda menolak tuduhan yang dia hadapi dan tetap diam meskipun ada semua siksaan dan upaya untuk menekannya. Dia menjawab penyelidik pendudukan yang tidak melakukan kejahatan," kata Mahajneh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1785 seconds (0.1#10.140)