Canggih, Drone MQ-25 AS Isi Bahan Bakar Jet Tempur Siluman F-35 di Udara

Kamis, 16 September 2021 - 00:06 WIB
loading...
Canggih, Drone MQ-25 AS Isi Bahan Bakar Jet Tempur Siluman F-35 di Udara
Drome MQ-25 Amerika Serikat untuk pertama kalinya mengisi bahan bakar jet tempur siluman F-35C di udara. Foto/Boeing
A A A
WASHINGTON - Drone MQ-25 Amerika Serikat (AS) berhasil mengisi bahan bakar jet tempur siluman F-35 Lightning II Joint Strike Fighter saat mengudara. Kecanggihan pesawat nirawak dalam misi itu diumumkan Boeing Company pada hari Selasa.

“Angkatan Laut AS dan Boeing telah menggunakan aset uji MQ-25TM T1 untuk mengisi bahan bakar jet tempur F-35C Lightning II Angkatan Laut AS untuk pertama kalinya, sekali lagi menunjukkan kemampuan pesawat untuk mencapai misi pengisian bahan bakar [di] udara," kata Boeing dalam rilis berita.



Itu adalah misi pengisian bahan bakar ketiga untuk aset uji milik Boeing hanya dalam waktu tiga bulan, memajukan program uji untuk pesawat tak berawak berbasis kapal induk operasional pertama Angkatan Laut.

Boeing mengatakan sebuah T1 mengisi bahan bakar jet tempur F/A-18 Super Hornet pada bulan Juni dan E-2D Hawkeye pada bulan Agustus.

“Setiap penerbangan uji coba dengan pesawat Tipe/Model/Seri lain membuat kami selangkah lebih dekat untuk mengirimkan MQ-25 yang sepenuhnya berkemampuan misi ke armada dengan cepat. Kemampuan pengisian bahan bakar Stingray yang tak tertandingi akan meningkatkan proyeksi kekuatan Angkatan Laut dan memberikan fleksibilitas operasional kepada komandan Carrier Strike Group [Kelompok Tempur Kapal Induk]," papar Boeing, seperti dikutip EurAsian Times, Rabu (15/9/2021).

Manajer program Penerbangan Tak Berawak Angkatan Laut AS Kapten Chad Reed juga mengonfirmasi keberhasilan itu dalam rilisnya.

"Selama uji terbang pada 13 September, pilot uji F-35C melakukan wake survey yang sukses di belakang MQ-25TM T1 untuk memastikan kinerja dan stabilitas sebelum melakukan kontak dengan drogue pengisian bahan bakar udara T1 dan menerima bahan bakar," bunyi rilis tersebut.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)