Korut Tembakkan Rudal Jelajah Jarak Jauh di Tengah Ketegangan dengan AS

Senin, 13 September 2021 - 07:09 WIB
loading...
Korut Tembakkan Rudal Jelajah Jarak Jauh di Tengah Ketegangan dengan AS
Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, muncul dalam parade militer di Pyongyang pada 9 September untuk menandai 73 tahun berdirinya Korea Utara. Foto/KCNA via REUTERS
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) menembakkan sejumlah rudal jelajah jarak jauh selama akhir pekan di tengah ketegangan baru dengan Amerika Serikat (AS). Tembakan beberapa misil berbahaya dalam sebuah uji coba senjata itu telah dikonfirmasi media pemerintah, KCNA, Senin (13/9/2021).

Menurut KCNA, militer negara yang dipimpin Kim Jong-un itu menembakkan sejumlah rudal ke sasaran sekitar 1.500 km jauhnya selama latihan dua hari.



"Ini perkembangan yang signifikan untuk memiliki sarana pencegahan lain yang efektif untuk menjamin keamanan negara kita dengan lebih andal dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh," tulis KCNA.

Korea Utara telah menguji coba rudal di masa lalu. Jeda baru-baru ini atas aktivitas militer yang provokatif telah memberi harapan bahwa Kim Jong-un dapat bersedia untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi.

Tetapi PBB bulan lalu memperingatkan bahwa produksi plutonium di reaktor Yongbyon telah dimulai, menggambarkannya sebagai aktivitas yang sangat meresahkan.

Sekitar waktu yang sama, adik perempuan yang juga penasihat utama Kim Jong-un, Kim Yo-jong, menyerukan penarikan pasukan AS dari semenanjung Korea.

Utusan Presiden AS Joe Biden untuk Korea Utara, Sung Kim, sebelumnya telah mengulangi keinginannya untuk bertemu dengan pihak Pyongyang di mana saja dan kapan saja.

Uji coba rudal terbaru ini dilakukan hanya beberapa hari setelah parade militer besar-besaran di Ibu Kota Korut, Pyongyang, pekan lalu untuk menandai peringatan 75 tahun berdirinya negara itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)