Trump Hentikan Semua Imigrasi ke AS untuk Cegah Covid-19

Selasa, 21 April 2020 - 18:03 WIB
loading...
Trump Hentikan Semua Imigrasi ke AS untuk Cegah Covid-19
Presiden AS Donald Trump. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dia akan menghentikan semua imigrasi ke AS sementara melalui perintah eksekutif untuk merespon wabah virus corona dan melindungi lapangan kerja.

Langkah ini secara efektif mencapai tujuan kebijakan jangka panjang Trump untuk menghentikan imigrasi dengan dalih krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi.

Keputusan itu memicu kecaman dari beberapa anggota parlemen Partai Demokrat. Mereka menuduh Trump menciptakan pengalihan isu dari kritik publik tentang lambatnya penanganan wabah corona di AS.

Trump menyatakan langkah itu untuk melindungi tenaga kerja AS. Jutaan warga AS menjadi pengangguran setelah sejumlah perusahaan memecat pegawai akibat lockdown untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Dengan adanya serangan dari Musuh Tak Terlihat, serta perlunya melindungi lapangan kerja Warga Amerika Hebat, saya akan menandatangani Perintah Eksekutif untuk menghentikan sementara imigrasi ke AS,” tweet Trump.

Gedung Putih menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan di balik keputusan itu, waktu atau dasar hukumnya.

“Saat negara kita memerangi pandemi, saat pekerja mempertaruhkan nyawa, Presiden menyerang para imigran dan menyalahkan pihak lain atas kegagalannya sendiri,” ungkap mantan kandidat presiden dari Partai Demokrat Amy Klobuchar dalam tweetnya.

Imigrasi ke AS sebagian besar telah terhenti karena pembatasan perbatasan dan larangan penerbangan yang diterapkan saat virus corona menyebar ke penjuru dunia.

Isu imigrasi ini masih sangat disukai para pendukung Trump. Trump menang pemilu 2016 dengan janji menghentikan imigrasi dengan membangun dinding di perbatasan AS dan Meksiko.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)