Taliban Gelar Parade Peralatan Militer AS di Kandahar

Rabu, 01 September 2021 - 19:45 WIB
loading...
Taliban Gelar Parade Peralatan Militer AS di Kandahar
Iring-iringan parade kendaraan militer AS yang berhasil direbut Taliban di jalanan Kandahar, Afghanistan. Foto/The Guardian
A A A
KABUL - Kelompok Taliban menggelar parade sejumlah peralatan militer Amerika Serikat (AS) yang berhasil mereka rebut di Kandahar, Afghanistan.Parade ini dilakukan sehari setelah AS menarik pasukan dan mengevakuasi warganya serta warga Afghanistan.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (1/9/2021), pejuang Taliban berdiri di atas Humvee yang berhasil mereka rebut saat bersiap untuk parade perangkat keras militer AS yang dijarah di jantung Afghanistan selatan.

Sebuah barisan panjang kendaraan hijau berada dalam satu barisan pada hari Rabu di jalan raya di luar kota terbesar kedua Afghanistan, Kandahar. Mereka dihiasi dengan bendera putih-hitam Taliban yang terpasang di antena, menurut seorang wartawan AFP.



Pejuang Taliban juga terlihat mengendalikan truk multiguna – yang digunakan oleh pasukan AS, NATO dan Afghanistan selama 20 tahun perang Afghanistan – sementara yang lain memanjat kendaraan di Ayno Maina, sebuah kota di pinggiran kota.

Truk pick-up yang sarat dengan pendukung Taliban meluncur melewati konvoi kendaraan militer, beberapa dipersenjatai dengan senjata berat dan senapan mesin.

Setidaknya satu helikopter Black Hawk terlihat terbang di atas Kandahar dalam beberapa hari terakhir, menunjukkan seseorang dari mantan tentara Afghanistan berada di kokpit karena Taliban tidak memiliki pilot yang memenuhi syarat.



Kandahar adalah jantung etnis Pashtun dari Taliban di mana kelompok garis keras itu didirikan dan dari mana ia naik ke tampuk kekuasaan pada tahun 1996. Pada tahun 2001, ketika pasukan pimpinan AS menyerbu, Taliban telah menguasai sebagian besar negara itu.

Di lapangan kriket Kandahar, para pemimpin Taliban berjanggut putih menunggu di tempat teduh di ruang istirahat para pemain, bersandar di kursi di belakang meja kopi dari kayu saat mereka menunggu parade dimulai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)