Erdogan: Belum Ada Keputusan Permintaan Taliban pada Turki di Bandara Kabul

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 19:19 WIB
loading...
Erdogan: Belum Ada Keputusan Permintaan Taliban pada Turki di Bandara Kabul
Presiden Turki Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Turki belum membuat keputusan akhir tentang permintaan Taliban untuk dukungan menjalankan bandara Kabul setelah pasukan asing menarik diri, karena masalah keamanan dan ketidakpastian di sana.

Pernyataan itu diungkapkan Presiden Tayyip Erdogan pada Jumat (27/8). Dia menambahkan pembicaraan masih berlangsung.

Para pejabat Turki mengatakan pekan ini bahwa Taliban telah meminta bantuan teknis kepada Turki untuk menjalankan bandara tetapi Taliban menuntut agar militer Turki ditarik pada batas waktu 31 Agustus. Militer Turki memulai evakuasi pada Rabu.



“Taliban telah mengajukan permintaan mengenai pengoperasian bandara Kabul. Mereka berkata, 'Kami akan memastikan keamanan dan Anda dapat mengoperasikannya'. Tapi kami belum membuat keputusan karena selalu ada kemungkinan kematian dan hal-hal semacam itu di sana,” ungkap Erdogan pada konferensi pers sebelum berangkat berkunjung ke Bosnia.



Presiden Erdogan mengatakan Turki telah mengadakan pembicaraan pertamanya dengan Taliban di Kabul.



Dia menambahkan pembicaraan itu diadakan di bagian militer bandara Kabul tempat kedutaan Turki untuk sementara ditempatkan.

"Kami telah mengadakan pembicaraan pertama kami dengan Taliban, yang berlangsung selama 3,5 jam," papar Erdogan kepada wartawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)