Tiga Kapal Induk Barat dan Puluhan Jet Siluman F-35 Berkumpul di Dekat China

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 00:16 WIB
loading...
A A A
Pengguna Twitter @duandang melacak USS Carl Vinson yang panjangnya 1.092 kaki, bukan dengan mencari kapal induk itu sendiri, tetapi dengan mencatat transponder radio milik salah satu tiltrotor suplai kapal induk tersebut.

Bersama-sama, ketiga kapal induk dan pengawalnya memiliki daya tembak lebih besar daripada seluruh armada di sebagian besar negara. Angkatan Laut China saat ini hanya menggunakan dua kapal induk—keduanya mirip dengan ukuran dan kemampuan HMS Queen Elizabeth.

HMS Queen Elizabeth memiliki 16 unit jet tempur siluman F-35B. Skuadron F-35B yang berbasis di Jepang yang berangkat ke USS America memiliki 10 unit jet. Tidak jelas berapa banyak yang berada di USS America saat ini. USS Carl Vinson adalah yang pertama dari 10 kapal induk Angkatan Laut AS yang berlayar dengan skuadron F-35C, dengan kekuatan 10 unit jet tempur. Kapal induk tersebut juga mengangkut sekitar tiga lusin pesawat tempur F/A-18E/F dan enam jet serang elektronik EA-18G.

F-35 adalah simbol paling jelas dari potensi destruktif kelompok tempur kapal induk tersebut. “Bahkan tidak ada yang mendekati!” kata Kapten Richard LeBron, komodor Skuadron Amfibi Amerika 11.

"Tidak ada platform penerbangan yang lebih baik untuk mendukung misi Armada ke-7 untuk memastikan Amerika Serikat dapat dengan bebas beroperasi di mana pun dan kapan pun harus, sejalan dengan norma, standar, aturan, dan hukum internasional."

Kemerdekaan Taiwan adalah norma yang dipertaruhkan. Angkatan Laut China musim panas ini telah meningkatkan persiapannya untuk kemungkinan serangan melintasi Selat Taiwan. Yang paling mengkhawatirkan, Angkatan Laut China telah memobilisasi beberapa kapal angkut sipil yang akan diandalkan oleh militer China untuk membawa ratusan ribu pasukan penyerang.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)