Utusan AS-Korsel Bertemu, Bahas Pengiriman Bantuan ke Korut

Senin, 23 Agustus 2021 - 19:49 WIB
loading...
Utusan AS-Korsel Bertemu, Bahas Pengiriman Bantuan ke Korut
Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) bertemu untuk membahas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Korea Utara (Korut). Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Utusan Khusus Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) bertemu untuk membahas pengiriman bantuan kemanusiaan ke Korea Utara (Korut). Keduanya juga akan mendesak Korut untuk kembali ke meja perundingan.

Sung Kim, Utusan Khusus AS untuk Korut tiba di Seoul pada akhir pekan untuk kunjungan selama empat hari. Di, Seoul dia mengadakan pertemuan dengan Noh Kyu-duk, Utusan Khusus Korsel untuk Urusan Perdamaian dan Keamanan Semenanjung Korea.

"Kami membahas kemungkinan bantuan kemanusiaan untuk Korut,” kata Kim dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua pada Senin (23/8/2021).

Kim menegaskan kembali dukungan AS untuk dialog dan keterlibatan antar-Korea, dengan mengatakan bahwa Amerika Serikat akan terus memberikan dukungan untuk proyek-proyek kerja sama kemanusiaan antar-Korea.

Pria yang juga menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia itu memperbaharui seruannya untuk dimulainya kembali dialog dengan Korut. Di mana, dia mengatakan bahwa dirinya selalu siap untuk bertemu dengan pejabat Korut di mana saja dan kapan saja.

Sementara itu, pada gilirannya, Noh mengatakan bahwa kedua belah pihak membahas cara untuk bekerja sama dengan Korut di bidang kemanusiaan, termasuk perawatan kesehatan, karantina terhadap penyakit menular, air minum dan kebersihan, serta dukungan kemanusiaan untuk Pyongyang melalui organisasi internasional, dan badan non-pemerintah.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)