Kepala Pentagon Tak Menyangka Pemerintah Afghanistan Jatuh dalam 11 Hari

Senin, 23 Agustus 2021 - 12:26 WIB
loading...
Kepala Pentagon Tak Menyangka Pemerintah Afghanistan Jatuh dalam 11 Hari
Menteri Pertahanan Amerika Serikat atau Kepala Pentagon, Lloyd Austin, tak sangka pemerintah Afghanistan jatuh hanya dalam 11 hari. Foto/REUTERS/Ken Cedeno
A A A
WASHINGTON - Kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengeklaim bahwa tidak ada yang mengira pemerintah Afghanistan akan jatuh ke tangan Taliban hanya dalam 11 hari.

"Itu adalah evolusi yang sangat cepat, bergerak cepat, dan serba cepat," kata Austin kepada pembawa acara program "This Week" ABC News, Martha Raddatz, yang dilansir Senin (23/8/2021).



Bos Pentagon itu tetap membela penanganan pemerintah Joe Biden terhadap krisis yang sedang berlangsung di Afghanistan.

"Ini semua terjadi dalam rentang waktu sekitar 11 hari. Tidak ada yang memperkirakan bahwa, Anda tahu, pemerintah akan jatuh dalam 11 hari," katanya lagi.

Dia mengatakan proyeksi awal intelijen AS tentang berapa lama pemerintah Afghanistan dapat menahan Taliban setelah penarikan militer Amerika berbeda secara substansial.

"Ada penilaian yang awalnya berkisar dari satu hingga dua tahun hingga, Anda tahu, beberapa bulan, tetapi itu adalah berbagai penilaian," katanya.

"Ketika Taliban mulai mendapatkan keuntungan, dan kemudian kami melihat bahwa dalam sejumlah kasus, ada lebih sedikit pertempuran dan lebih banyak penyerahan diri dan lebih banyak kekuatan yang menguap, sangat sulit untuk diprediksi secara akurat," imbuh dia.

Ketika ditanya apakah perencanaan penarikan tentara Amerika Serikat dapat diterima dan sesuai, Austin justru menyalahkan pemerintah Donald Trump.

"Berdasarkan, apa yang kami lihat dan masukan untuk rencana tersebut," ujarnya."Tidak ada pilihan yang baik," katanya merujuk pada kebijakan warisan pemerintah Trump.

“Tapi saya pikir Anda harus kembali dan melihat apa yang diwarisi pemerintah. Maksud saya, kami masuk. Kami dihadapkan pada tenggat waktu 1 Mei untuk mengeluarkan semua pasukan dari negara itu. Kesepakatan ini telah dicapai dengan Taliban," katanya.

"Jadi dia [Presiden Joe Biden] harus dengan sangat cepat melalui penilaian terperinci dan melihat semua opsi dalam hal apa, Anda tahu, apa yang bisa dia lakukan. Dan tidak satu pun dari opsi itu adalah opsi yang baik."

Komentar Austin muncul setelah seminggu kerusuhan di Afghanistan, di mana militer AS bekerja untuk mengevakuasi orang-orang Amerika dan sekutu Afghanistan-nya dari wilayah itu ketika serangan Taliban meningkat.

Menurut pernyataan Pentagon, sekitar 17.000 orang telah dievakuasi dari Afghanistan pada pekan lalu. Sekitar 22.000 orang telah dievakuasi sejak akhir Juli.



Menurut laporan media, warga sipil Amerika dan Afghanistan semakin menjadi sasaran kekerasan dan intimidasi saat mereka melakukan perjalanan ke Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, yang tetap menjadi satu-satunya jalan keluar dari kekacauan ibu kota Afghanistan.

Akibatnya, Kedutaan Besar AS di Kabul mengeluarkan peringatan keamanan pada hari Sabtu, menyarankan orang Amerika untuk tidak melakukan perjalanan ke bandara atau mendekati gerbang bandara. "Kecuali Anda menerima instruksi individu dari perwakilan pemerintah AS," bunyi peringatan kedutaan, mengutip potensi ancaman keamanan di luar bandara.

Pemerintahan Biden telah dikecam karena penanganannya terhadap krisis Afghanistan, dengan banyak yang mempertanyakan apakah presiden seharusnya melanjutkan keputusannya untuk menarik pasukan AS dari negara itu menjelang serangan gencar Taliban dan pengambilalihan kekuasaan.

Setelah serangan cepat, Taliban menguasai Kabul pada 15 Agustus, memaksa pemerintah sipil Afghanistan yang didukung AS jatuh.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)