UEA Siap Tampung 5.000 Pengungsi Afghanistan

Minggu, 22 Agustus 2021 - 13:27 WIB
loading...
UEA Siap Tampung 5.000 Pengungsi Afghanistan
Namun, UEA hanya akan menampung para pengungsi itu untuk sementara, sebelum diterbangkan ke negara lain. Foto/REUTERS
A A A
ABU DHABI - Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan siap menampung 5.000 pengungsi Afghanistan . Namun, UEA hanya akan menampung para pengungsi itu untuk sementara, sebelum diterbangkan ke negara lain.

Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional UEA mengumumkan bahwa, mengikuti permintaan dari Amerika Serikat (AS), mereka akan menjadi tuan rumah bagi warga Afghanistan untuk sementara, setelah itu mereka akan melakukan perjalanan ke negara lain.

“Gerakan kemanusiaan mengikuti fasilitasi UEA baru-baru ini terhadap lusinan penerbangan yang membawa ratusan warga asing dari Afghanistan, termasuk diplomat dan staf pendukung dari berbagai negara, dan organisasi non-pemerintah ke bandara UEA,” kata kementerian itu.

“UEA juga telah memfasilitasi evakuasi sekitar 8.500 warga negara asing yang menggunakan pesawat dan bandaranya dari Afghanistan,” sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (22/8/2021).

Sultan Mohammed Al Shamsi, Asisten Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional untuk Urusan Pembangunan Internasional mengatakan UEA selalu mencari solusi damai, multilateral, dan ingin melanjutkan pekerjaannya bersama mitra internasionalnya untuk memajukan upaya untuk membantu rakyat Afghanistan selama masa ketidakpastian ini.

Sementara itu, Presiden AS, Joe Biden mengatakan bahwa AS akan berupaya menyediakan evakuasi yang aman bagi warga Afghanistan yang mungkin menjadi sasaran Taliban karena hubungan mereka dengan AS.

“Kami akan melakukan segalanya, semua yang kami bisa, untuk menyediakan evakuasi yang aman bagi sekutu dan mitra Afghanistan kami,” kata Biden.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)