Citra Satelit Beresolusi Tinggi Ungkap Kekacauan di Bandara Kabul

Selasa, 17 Agustus 2021 - 13:53 WIB
loading...
Citra Satelit Beresolusi Tinggi Ungkap Kekacauan di Bandara Kabul
Citra satelit menunjukkan kekacauan di bandara Kabul, Afghanistan. Foto/maxar
A A A
KABUL - Citra satelit berkualitas tinggi telah merekam kekacauan di bandara Kabul yang sedang berlangsung. Warga Afghanistan terlihat berkumpul di landasan pacu, mencoba pergi dengan pesawat evakuasi Barat setelah negara itu jatuh ke tangan Taliban.

Gambar-gambar yang dirilis Maxar Technologies yang berbasis di Amerika Serikat (AS) pada Senin (16/8), mengungkapkan pemandangan yang diambil dari atas bandara setelah ibukota Afghanistan direbut oleh Taliban.

Citra Satelit Beresolusi Tinggi Ungkap Kekacauan di Bandara Kabul


Kemacetan lalu lintas yang besar dapat disaksikan di luar fasilitas bandara, serta sejumlah orang berkeliaran di landasan.



Kendaraan lapis baja dapat dilihat di sebelah landasan pacu, meskipun tidak ada yang terlihat seperti barisan keamanan.



Evakuasi kacau dari bandara Kabul telah mengakibatkan setidaknya tujuh orang tewas, menurut Associated Press, mengutip pejabat AS.



Ratusan warga Afghanistan telah menuju ke bandara dalam upaya putus asa untuk melarikan diri dari Taliban.

Video yang beredar secara online menunjukkan beberapa warga Afghanistan bergelantungan di bagian luar pesawat angkut militer AS dan kemudian secara tragis terjun tanah hingga tewas setelah pesawat lepas landas.

Ketika cuplikan adegan mengerikan di bandara Kabul muncul, Pentagon menangguhkan proses evakuasi, dengan alasan "sangat berhati-hati."

“Angkatan Darat AS dan pasukan internasional lainnya bekerja mengamankan landasan pacu sehingga penerbangan dapat dilanjutkan,” papar seorang juru bicara militer AS.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)