Mengenal Taliban, Sekutu yang Berubah Jadi Musuh AS di Afghanistan

Senin, 16 Agustus 2021 - 08:57 WIB
loading...
A A A
Dia diusulkan sebagai pemimpin gerakan itu secara keseluruhan selama berbagai pergumulan suksesi.

Tetapi dia mengajukan Akhunzada pada tahun 2016 karena dia merasa dia tidak memiliki pengalaman medan perang dan terlalu muda. Hal itu diungkap seorang komandan Taliban pada pertemuan di mana pengganti Mansour dipilih.

Yaqoob diyakini berusia awal 30-an tahun.

Sirajuddin Haqqani

Putra komandan kelompok Mujahidin terkemuka Jalaluddin Haqqani, Sirajuddin memimpin Jaringan Haqqani, sebuah kelompok yang terorganisir secara longgar yang mengawasi aset keuangan dan militer Taliban di perbatasan Pakistan-Afghanistan.

Haqqani diyakini oleh beberapa ahli telah memperkenalkan bom bunuh diri ke Afghanistan dan telah disalahkan atas beberapa serangan tingkat tinggi di Afghanistan, termasuk serangan di hotel top Kabul, upaya pembunuhan terhadap Presiden Hamid Karzai saat itu dan serangan bunuh diri di kedutaan India.

Haqqani diyakini berusia akhir 40-an tahun atau awal 50-an tahun. Keberadaannya juga tidak diketahui.

Mullah Abdul Ghani Baradar

Salah satu pendiri Taliban, Baradar sekarang mengepalai kantor politik Taliban dan merupakan bagian dari tim perunding kelompok itu di Doha untuk mencoba dan merundingkan kesepakatan politik yang dapat membuka jalan bagi gencatan senjata dan perdamaian yang lebih langgeng di Afganistan.

Proses tersebut telah gagal membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1546 seconds (0.1#10.140)