Warga Kanada Teman Dekat Pemimpin Korea Utara Dipenjara 11 Tahun di China

Rabu, 11 Agustus 2021 - 11:27 WIB
loading...
Warga Kanada Teman Dekat Pemimpin Korea Utara Dipenjara 11 Tahun di China
Warga negara Kanada Michael Spavor (kanan) adalah teman dekat Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kiri). Foto/Facebook/Michael Spavor
A A A
BEIJING - Pengadilan di kota Dandong, China , menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara kepada warga negara Kanada Michael Spavor atas tuduhan mata-mata.

Michael Spavor telah ditahan sejak 2018, setelah ditangkap bersama mantan diplomat Kanada Michael Kovrig.

Putusan itu selanjutnya akan menguji hubungan yang sudah memburuk antara pemerintah Kanada dan China.



Keputusan itu muncul ketika pertempuran ekstradisi yang melibatkan Meng Wanzhou, eksekutif senior di raksasa teknologi China, Huawei, sedang berlangsung di Kanada.



Dalam pernyataan yang diterbitkan pada Rabu (11/8), pengadilan Dandong mengatakan, "Untuk kejahatan mata-mata dan penyediaan ilegal rahasia negara di luar negeri (Spavor) telah dijatuhi hukuman 11 tahun penjara, penyitaan properti pribadi senilai 50.000 yuan (USD7715) dan deportasi."



Belum jelas kapan deportasi akan dilakukan. Spavor disebut sebagai teman dekat Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Dia tampak berbincang akrab dengan Kim dalam beberapa kesempatan.

Pengadilan China secara terpisah pada Selasa menolak banding oleh seorang warga negara Kanada yang dinyatakan bersalah atas penyelundupan narkoba.

China tetap menegakkan hukuman matinya pada warga Kanada itu.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)