Sirene Israel Meraung-raung, Iron Dome Cegat 10 Roket asal Lebanon

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 16:11 WIB
loading...
Sirene Israel Meraung-raung, Iron Dome Cegat 10 Roket asal Lebanon
Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Sirene tanda adanya serangan roket meraung-meraung pada Jumat (6/8/2021) pagi di sepanjang perbatasan utara Israel dengan Lebanon dan Suriah. Sistem pertahanan rudal Iron Dome diaktifkan dan menurut militer Zionis, sistem itu berhasil mencegat sekitar 10 roket yang ditembakkan dari Lebanon.

Meski ditembakkan dari wilayah Lebanon, belum jelas apakah roket-roket itu ditembakkan kelompok Hizbullah atau kelompok lain yang berafiliasi dengan Palestina di sepanjang perbatasan.



Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengaku telah merespons serangan itu dengan tembakan artileri di daerah Gunung Dov.

Tidak ada korban yang dilaporkan sejauh ini. IDF mengonfirmasi bahwa 10 roket yang dicegat oleh Iron Dome, namun laporan yang beredar di media Zionis menyatakan sekitar 20 roket awalnya ditembakkan. Tidak jelas di daerah mana senjata-senjata itu jatuh.

Seorang sumber keamanan Lebanon mengonfirmasi kepada Reuters bahwa beberapa roket telah ditembakkan dari Lebanon selatan menuju Israel.

Serangan ini menyusul tembakan roket sebelumnya pada awal pekan, di mana roket-roket juga ditembakkan ke Israel dari Lebanon selatan.

Instruksi telah dikirim ke penduduk Kiryat Shmona, yang menyatakan bahwa tempat penampungan yang dibuka pada hari Selasa setelah tembakan roket dari hari-hari sebelumnya akan tetap buka selama akhir pekan untuk memberikan rasa aman kepada penduduk. Wali Kota Avihay Shtern dan Kepala Staf Kota Dekel Arieh terus berhubungan dengan pejabat militer.

Menteri Pertahanan Benny Gantz keluar di tengah-tengah rekaman wawancara untuk pembaruan keamanan di markas militer Kirya, yang mencakup Markas Besar Staf Umum, di Tel Aviv, sebagai persiapan untuk respons Israel.

Pada hari Rabu, IDF mengidentifikasi tiga peluncuran roket dari Lebanon. Satu jatuh di dalam wilayah Lebanon, sementara dua lainnya menghantam area terbuka di dalam Israel.

Tak lama kemudian IDF membalas dengan tembakan artileri menuju lokasi peluncuran roket. Sekitar enam peluru artileri ditembakkan oleh IDF ke daerah terbuka di Lebanon yang terletak di utara Metula.

Militer Zionis kemudian melakukan dua pembalasan besar-besaran lainnya di seluruh perbatasan, termasuk dengan serangan jet tempur.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)