Dituduh Biang Covid-19, China Rilis Video Laboratorium Virologi Wuhan

Selasa, 21 April 2020 - 10:17 WIB
loading...
A A A
"Tidak mungkin virus ini datang dari kami," katanya kepada CGTN, media cabang CCTV berbahasa Inggris. "Saya tahu itu tidak mungkin," ujarnya.

Dia menolak klaim bahwa virus itu direkayasa atau dibuat. Menurutnya, klaim bahwa coronavirus buatan manusia akan berada di luar kecerdasan manusia.

“Mereka tidak memiliki bukti atau pengetahuan. Ini sepenuhnya berdasarkan spekulasi," katanya merujuk pada para pejabat AS yang membuat tuduhan. "Bagian dari tujuannya adalah untuk membingungkan orang, untuk mengganggu seluruh kegiatan epidemi kami atau kegiatan ilmiah kami."

Infeksi pertama coronavirus dikaitkan dengan pasar hewan di Wuhan. Para ahli percaya virus ini berasal dari kelelawar dan mungkin juga telah menyebar melalui hewan inang lainnya.

Bantahan WIV soal tuduhan asal-usul virus itu muncul ketika pemerintah-pemerintah dunia memperdebatkan bagaimana dan kapan untuk meredakan penguncian wilayah yang membuat lebih dari setengah umat manusia—4,5 miliar orang—terkurung di rumah mereka dan melumpuhkan ekonomi global.

"Apakah itu kesalahan yang lepas kendali atau itu dilakukan dengan sengaja?," kata Trump pada akhir pekan lalu ketika mempertanyakan asal-usul penyakit yang sangat menular yang pertama kali muncul di Wuhan pada bulan Desember 2019.

"Jika mereka secara sadar bertanggung jawab, ya, maka harus ada konsekuensinya," lanjut Trump merujuk pada China.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)