Raisi Dilantik Jadi Presiden Iran di Depan Pejabat 73 Negara

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:34 WIB
loading...
Raisi Dilantik Jadi Presiden Iran di Depan Pejabat 73 Negara
Ebrahim Raisi resmi dilantik sebagai Presiden Iran di kantor Parlemen pada Kamis (5/8/2021) sore. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Ebrahim Raisi akan dilantik sebagai presiden Iran di kantor Parlemen pada Kamis (5/8/2021) sore. Pelantikan anak didik Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei itu akan dilakukan di depan pejabat internasional dari 73 negara.

Upacara pengambilan sumpahnya dilakukan hari ini setelah pada Selasa lalu Khamenei secara resmi menandai Raisi sebagai presiden dalam sebuah upacara yang sebagian besar dihadiri oleh pejabat dalam negeri Iran.



Upacara hari Selasa untuk menandai naiknya Raisi ke tampuk kekuasaan, sedangkan upacara hari ini lebih ditujukan untuk memperkenalkannya kepada dunia.

Sebelum upacara Kamis, Iran bahkan mengiklankan bahwa lebih sedikit pejabat domestik akan hadir untuk memberi ruang bagi pejabat asing serta karena pembatasan terkait pandemi virus corona.

Pada upacara hari Selasa, Khamenei dan Raisi membuat sejumlah besar referensi agama internal yang mungkin kurang menonjol dalam upacara hari ini karena kehadiran tamu internasional.

Raisi sebelumnya telah bersumpah untuk mengambil langkah-langkah untuk mencabut "sanksi tirani" yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Tidak jelas apakah dia akan melakukan pendekatan yang lebih damai di depan para pemimpin global atau apakah dia akan mempertahankan pendekatannya yang lebih konfrontatif terhadap Barat.

Pada hari Senin, juru bicara Parlemen Iran Seyyed Nezam Al-Din Mousavi telah mengumumkan bahwa 115 pejabat dari 73 negara akan menghadiri upacara pelantikan Raisi pada hari Kamis dan banyak dari mereka telah tiba pada Kamis pagi.

Dalam pidatonya pada hari Selasa, Khamenei mencoba untuk mengecilkan jumlah pemilih yang rendah, mengeklaim bahwa Iran memiliki transfer kekuasaan yang lebih sukses dan damai daripada negara lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)