Dua Jet Tempur Siluman F-35B AS Rusak Disambar Petir di Jepang

Sabtu, 31 Juli 2021 - 01:13 WIB
loading...
Dua Jet Tempur Siluman F-35B AS Rusak Disambar Petir di Jepang
Sebuah jet tempur siluman F-35B Amerika Serikat mendarat di MCAS Iwakuni, Jepang. Foto/Joseph Abrego/US Marine Corps
A A A
OKINAWA - Dua pesawat jet tempur siluman F-35B Lightning II yang canggih milik Amerika Serikat (AS) rusak setelah disambar petir di langit Makurazaki di prefektur Kagoshima, Jepang.

Kedua pesawat, yang ditugaskan di Marine Corps Air Station (MCAS) Iwakuni, mendarat dengan selamat setelah serangan petir dan tidak ada pilot yang terluka.



Insiden itu terjadi selama penerbangan rutin pada 13 Juli. Demikian disampaikan juru bicara Sayap Pesawat Marinir 1 Mayor Ken Kunze dalam email kepada Stars and Stripes.

Sepasang F-35B, yang mampu lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, sedang dalam perjalanan ke Okinawa ketika mereka diserang petir.

Kunze mengatakan insiden itu dianggap sebagai kecelakaan Kelas A karena biaya perbaikan gabungan yang diproyeksikan diperkirakan melebihi USD2,5 juta (lebih dari Rp36 miliar).

Sekadar diketahui, kecelakaan Kelas A melibatkan biaya perbaikan melebihi USD2 juta atau kematian atau cacat permanen anggota layanan.

"Kami saat ini sedang melakukan penyelidikan atas kecelakaan itu dan akan memasukkan pelajaran yang didapat ke dalam operasi penerbangan di masa depan," kata Kunze.

“Pengoperasian pesawat kami yang aman dan kesiapan skuadron kami sangat penting bagi kami untuk terus mendukung sekutu, mitra, dan pasukan gabungan kami di kawasan ini," lanjut dia seperti dikutip Military.com, kemarin.

Kunze mengatakan bahwa setiap pesawat AS diperiksa dengan cermat untuk keselamatan sebelum operasi penerbangan apa pun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)