Didominasi Pekerja Asing, Pasien Baru Covid-19 di Singapura Capai 596 Orang

Selasa, 21 April 2020 - 08:45 WIB
loading...
Didominasi Pekerja Asing, Pasien Baru Covid-19 di Singapura Capai 596 Orang
Petugas medis memeriksa peralatan medis di asrama buruh migran yang menjadi pusat penyebaran virusCovid-19, Singapura, kemarin. Foto/Reuters
A A A
SINGAPURA - Singapura melaporkan adanya 596 pasien baru virus corona Covid-19, kemarin. Dengan demikian, total pasien Covid-19 di Singapura mencapai 6.588 orang. Dari kasus baru itu, sekitar 68% berasal dari asrama dan apartemen.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Singapura menyatakan mayoritas pasien baru dalam sepekan terakhir merupakan pekerja asing yang tinggal di asrama. "Kenaikkan ini sejalan dengan upaya agresif kami memeriksa dan mengisolasi suspek," ungkap Kemenkes Singapura, dikutip CNA.

Kemenkes Singapura menambahkan sebagian besar pasien masih muda dan berada dalam kondisi stabil. "Mereka kini diisolasi di ruang khusus pasien Covid-19 atau tempat lainnya yang sudah dialihfungsikan. Tidak ada dari mereka yang masuk ruang ICU," ungkap Kemenkes Singapura.

Sedikitnya ada lima asrama pekerja asing yang masuk dalam pengawasan petugas kesehatan. Kelima asrama itu ialah Woodlands Lodge I, Changi Lodge II, 51 Paya Ubi Industrial Park, 17 Jalan Besut, dan Sembawang Shipyard.

Dari 544 kasus, hanya sekitar 30 pasien baru yang berasal dari kalangan masyarakat sipil Singapura. Sebanyak 25 pasien merupakan warga Singapura dan warga permanen, sedangkan sisanya pemegang work pass.

"Angka penyebaran di kalangan masyarakat hanya sedikit," ungkap Kemenkes Singapura. "Jumlah pasien baru di kalangan masyarakat bahkan menurun dari rata-rata 37 per hari menjadi 31 per hari," tambah Kemenkes Singapura.

Kemenkes Singapura melanjutkan akan terus melakukan pengawasan, baik terhadap pasien ataupun suspek. Jumlah pasien baru dari kalangan pekerja asing di luar asrama juga meningkat dari 11 per hari menjadi 21 per hari dalam sepekan terakhir.

Seorang perawat dari Khoo Teck Puat Hospital juga positif terinfeksi Covid-19. Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan dari atau ke kawasan terdampak Covid-19. Saat ini, dia dirawat dan diisolasi di Khoo Teck Puat Hospital.

Secara umum, sekitar 26 pasien telah dipulangkan dari rumah sakit atau fasilitas isolasi lainnya. Dengan demikian, total pasien sembuh mencapai 768 orang.

Sebanyak 2.921 pasien masih dirawat, mayoritas dalam kondisi stabil dan hanya 22 pasien yang berada dalam kondisi kritis. Sebanyak 2.888 orang dalam kondisi baik, tapi mereka masih positid terjangkit Covid-19 sehingga tidak dipulangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)