Serbu Kota, Kelompok Vigilante Meksiko Culik 21 Orang

loading...
Serbu Kota, Kelompok Vigilante Meksiko Culik 21 Orang
Sebuah kelompok vigilante Meksiko menculik 21 orang saat menyerbu sebuah kota untuk memburu penjahat. Foto/Fox News
MEXICO CITY - Ratusan pria bersenjata yang tergabung dalam kelompok vigilante atau main hakim sendiri yang baru dibentuk bernama "El Machete" telah menculik 21 orang saat menyerang sebuah kota di Meksiko selatan. Mereka juga membakar kendaraan dan setidaknya selusin rumah.

Kekacauan di Pantelho terjadi pada hari Senin ketika kelompok itu mulai turun ke jalan untuk memburu para tersangka penjahat. Kelompok "El Machete" sendiri baru diumumkan seminggu yang lalu, berjanji untuk memerangi serbuan kartel narkoba di komunitas pegunungan Chiapas yang sebagian besar penduduk asli.

Seorang aktivis lokal, Pedro Gomez, mengatakan kepada AP setidaknya tiga kendaraan dan selusin rumah dibakar. Balai kota juga dirusak seperti dikutip dari Fox News, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Fenomena Imbalan Seks untuk Operasi Plastik di 'Ibu Kota Narkoba' Meksiko



Para warga, yang tampaknya termasuk anggota kelompok Pribumi Tzotzil, menyebut diri mereka sebagai "kekuatan bela diri", sebuah fenomena yang terlihat selama bertahun-tahun di beberapa negara bagian Meksiko barat.

Seorang pejabat di kantor kejaksaan negara bagian Chiapas, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Associated Press bahwa penyelidikan atas peristiwa tersebut telah dibuka. Pejabat itu mengatakan orang-orang bersenjata itu anggota El Machete.

21 warga yang diculik dibawa ke San José Buena Vista Tercero, komunitas di mana kelompok main hakim sendiri diduga bermarkas. Pejabat itu mengatakan orang-orang bersenjata itu tampaknya mencari anggota kelompok lain yang disebut "Los Herreras."

Setelah El Machete mengumumkan kehadirannya awal bulan ini, Presiden Andrés Manuel López Obrador mengatakan dia tidak akan menerima kehadiran yang disebut pasukan bela diri.

Baca juga: Meksiko Akan Undi Bekas Rumah Persembunyian El Chapo
(ian)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top