Jovenel Moise, Presiden Haiti yang Dibantai Tentara Bayaran Asing, Dikuburkan

Jum'at, 23 Juli 2021 - 10:13 WIB
loading...
Jovenel Moise, Presiden Haiti yang Dibantai Tentara Bayaran Asing, Dikuburkan
Presiden Haiti Jovenel Moise. Dia ditembak mati sekelompok pria bersenjata di rumahnya pada 7 Juli. Foto/REUTERS/Valerie Baeriswyl/File Photo
A A A
PORT-AU-PRINCE - Jenazah Jovenel Moise, presiden Haiti yang dibantai secara brutal di kediamannya oleh para tentara bayaran asing pada 7 Juli lalu, akan dikuburkan pada Jumat (23/7/2021).

Persiapan pemakaman Moise sudah dipersiapkan pada pada Kamis waktu setempat di bawah pengamanan ketat. Sang presiden dimakamkan setelah lebih dari dua minggu usai pembunuhannya semakin mengguncang negara yang terperosok dalam kemiskinan, korupsi, dan ketidakstabilan politik.



Jovenel Moise, yang tewas ditembak mati pada usia 53 tahun, akan dimakamkan pada hari Jumat di Cap-Haitien, kota utama di wilayah utara asalnya.

Kota itu tenang pada Kamis. Namun, sehari sebelumnya bentrokan pecah ketika kepala polisi Leon Charles berkunjung. Dia dicemooh publik saat memeriksa pengaturan keamanan untuk pemakaman Moise.

Penduduk setempat menyalahkan kepala polisi tersebut karena tidak melindungi Moise, yang istrinya Martine terluka parah dalam serangan bersenjata, yang dilakukan oleh sekelompok tentara bayaran, para pensiunan tentara Kolombia. Pembunuhan itu janggal karena pengawal presiden Moise tanpa cedera sama sekali.

Sejauh ini, lebih dari 20 orang telah ditangkap, kebanyakan dari mereka adalah warga Kolombia. Polisi mengatakan plot itu diorganisir oleh warga Haiti dengan koneksi di luar negeri dan ambisi politik.

Tetapi kasusnya tetap tidak jelas dengan banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Warga Haiti telah menyatakan keterkejutannya bahwa mereka yang ditugaskan untuk melindungi presiden dan rumahnya gagal melakukannya. Negara Karibia yang miskin itu penuh dengan kejahatan dan geng-geng yang kuat—masalah yang semakin memburuk di bawah kekuasaan Moise.

Kematiannya telah menghidupkan kembali ketegangan lama antara Haiti utara dan barat, yang sebagian berasal dari perpecahan rasial bersejarah antara orang kulit hitam utara yang merupakan keturunan budak dan orang Haiti berkulit terang dari ras campuran yang tinggal di selatan dan barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)