Jet Checkmate Rusia Tandingan F-35 AS: Berteknologi AI, Bisa Tembak 6 Target Sekaligus

Rabu, 21 Juli 2021 - 14:31 WIB
loading...
A A A
Menurut perusahaan pembuatnya, salah satu fitur yang paling menarik dari Checkmate adalah kemampuannya untuk menyerang hingga 6 target secara bersamaan, bahkan di bawah gangguan elektronik yang kuat. Tentu saja, kemampuan untuk menghancurkan pesawat generasi kelima termasuk F-35 AS.

Sebagai pesawat tempur siluman, ia diklaim mampu mencapai dan menghancurkan target tanpa terdeteksi, meskipun tidak terlalu banyak detail yang diungkapkan tentang sistem peperangan elektroniknya.

4. Berteknologi AI

Dilengkapi dengan sistem AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan, pesawat tempur baru ini juga sangat digital. Sistem AI bakal bertindak sebagai "kopilot", serta memiliki modularitas tinggi dan dengan demikian dapat dengan mudah dikembangkan menjadi versi yang berbeda, seperti kursi ganda dan tanpa awak, tergantung pada jenis pesawat.

5. Lebih Murah dari F-35 AS

Kepala Rostec, Sergey Chemezov, mengatakan kepada wartawan bahwa Checkmate dimaksudkan untuk menjadi alternatif yang lebih efektif dan terjangkau untuk F-35, Gripen SAAB, dan Dassault Rafale Prancis, yang masing-masing harganya mulai dari USD60 juta hingga USD90 juta.

“Harga kami, saya harap, masing-masing antara USD25 juta hingga USD30 juta,” kata Chemezov, seperti dikutip Russia Today.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)