Putin Tinjau Langsung Peluncuran Jet Tempur Rusia Generasi Kelima Checkmate

loading...
Putin Tinjau Langsung Peluncuran Jet Tempur Rusia Generasi Kelima Checkmate
Prototipe jet tempur terbaru Rusia, Sukhoi Checkmate ditampilkan saat MAKS 2021 International Aviation and Space Salon, di Zhukovsky, pinggiran Moscow, pada 20 Juli 2021. Foto/REUTERS
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin meninjau langsung peluncuran prototipe jet tempur generasi kelima Sukhoi terbaru pada pameran udara tahunan MAKS.

Pesawat itu diluncurkan dengan tujuan untuk pasar ekspor. “Pesawat tempur yang diberi nama proyek "Checkmate" itu disebut-sebut sebagai saingan pesawat tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS),” ungkap Kepala Badan Analisis Aviaport Oleg Panteleyev.

“Pesawat tempur itu diperkirakan melakukan penerbangan perdananya pada 2023 dengan batch pertama yang akan diproduksi pada 2026,” ungkap pernyataan saat peluncuran itu, dilansir kantor berita Interfax.

Baca juga: Inilah Jet Tempur Siluman Su-75 Checkmate Rusia Pesaing F-35 AS



Konglomerat pertahanan dan kedirgantaraan negara Rusia, Rostec, mengatakan pesawat itu sulit dideteksi dan akan memiliki biaya operasi yang rendah.

Baca juga: Tandingan F-35 AS, Jet Tempur Siluman Checkmate Rusia Juga Dibikin Versi Nirawak

Video promosi singkat menampilkan pilot dari Uni Emirat Arab (UEA), India, Vietnam, dan Argentina, menunjukkan bahwa Moskow ingin meluncurkan pesawat itu di luar negeri.

Baca juga: Viral, Polisi Rusia Merangkap Jadi Bos Mafia Miliki Istana hingga Toilet Emas

Rusia telah berhasil memproduksi prototipe sistem senjata baru dalam beberapa tahun terakhir, tetapi terkadang kesulitan untuk beralih ke produksi serial.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top