Bawa 'Kantong Diplomatik', Pesawat CIA Mendarat di Taiwan

Selasa, 20 Juli 2021 - 16:29 WIB
loading...
Bawa Kantong Diplomatik, Pesawat CIA Mendarat di Taiwan
Pesawat CIA mendarat di Taiwan pada Senin kemarin. Foto/Sputnik
A A A
TAIPEI - Sebuah pesawat yang kemungkinan dimiliki oleh badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA , mendarat di Taiwan pada Senin kemarin atau hanya beberapa hari setelah pesawat Angkatan Udara AS melakukan hal yang sama.

Tepat tengah hari pada hari Senin, sebuah pesawat AS yang terbang dari Bandara Internasional Ninoy Aquino di Filipina mendarat di Bandara Internasional Taoyuan di luar Taipei. Menurut Liberty Times yang berbasis di Taiwan, pesawat itu membawa “kantong diplomatik” untuk Sandra Oudkirk, Direktur baru American Institute di Taiwan, kedutaan de facto AS di sana.

Pesawat ini adalah versi sipil dari pesawat kargo C-130 Hercules milik militer AS, yang juga disebut L100-30. Yang satu ini, dengan nomor registrasi N3755P, dimiliki oleh perusahaan sewa pesawat bernama APA Leasing dan dioperasikan oleh H&T Airways seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (20/7/2021).

Sebenarnya, ini adalah satu-satunya pesawat sehingga maskapai penerbangan itu beroperasi, dan secara luar dianggap sebagai garda depan bagi CIA.

Pesawat N3755P telah terlihat disewa oleh front CIA lainnya, juga, termasuk pada akhir April, ketika terbang dari Kolombia ke Haiti di bawah charter oleh Tepper Aviation, yang telah mengoperasikan pesawat CIA di Irak dan Somalia juga.

Badan Intelijen Pusat (CIA) telah lama mengandalkan pesawat sewaan yang tampak seperti pesawat sipil untuk menyembunyikan operasinya, seperti dukungan klandestinnya untuk UNITA selama Perang Saudara Angola dan, baru-baru ini, operasi melawan al-Shabaab di Somalia.

Kunjungan pada Senin itu terjadi hanya beberapa hari setelah pesawat AS lainnya, sebuah pesawat kargo C-146A Wolfhound, juga mengunjungi Taiwan. Pesawat milik Angkatan Udara AS itu terbang dari Pangkalan Angkatan Udara Kadena AS di Okinawa, Jepang, pada 15 Juli, dan membawa paket lain ke Christensen di Taipei.

Kunjungan itu menimbulkan kemarahan di Beijing, yang menganggapnya sebagai pelanggaran teritorial. Ini adalah reaksi terbaru Beijing terkait kunjungan pesawat AS, termasuk oleh pejabat tinggi Washington.

“Setiap pesawat militer asing dilarang mendarat di wilayah China tanpa persetujuan dari pemerintah Republik Rakyat China (RRC), dan setiap masuk tanpa izin ke wilayah udara teritorial China oleh kapal dan pesawat militer asing akan mengakibatkan konsekuensi serius," kata Kolonel Senior Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China, dalam sebuah pernyataan hari Sabtu lalu.

"Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari wilayah China, kami dengan sungguh-sungguh mendesak pihak AS untuk berhenti bermain api dan segera menghentikan tindakan provokatif berbahaya tersebut," lanjutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)