Iran Bersikeras Telah Capai Kesepakatan Pertukaran Tahanan dengan AS

Senin, 19 Juli 2021 - 02:50 WIB
loading...
Iran Bersikeras Telah Capai Kesepakatan Pertukaran Tahanan dengan AS
Iran bersikeras bahwa kesepakatan pertukaran tahanan telah disepakati dengan Amerika Serikat (AS). Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran bersikeras bahwa kesepakatan pertukaran tahanan telah disepakati dengan Amerika Serikat (AS). Pernyataan itu datang tidak lama setelah Washington membantah kesepakatan seperti itu telah tercapai.

"Keterlaluan. AS menyangkal fakta sederhana bahwa ada kesepakatan yang disepakati tentang masalah tahanan. Bahkan bagaimana cara mengumumkannya,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh.

“Pertukaran kemanusiaan disepakati dengan AS dan Inggris di Wina, terpisah dari JCPOA, tentang pembebasan 10 tahanan di semua sisi. Iran siap untuk melanjutkannya saat ini," sambungnya menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (19/7/2021).

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Ned Price membantah klaim bahwa Washington dan Teheran telah mencapai kesepakatan soal pertukaran tahanan. Dia mengatakan, pembicaraan masih berlangsung dan belum ada hal yang disepakati.

Price mengatakan bahwa pernyataan itu adalah upaya untuk meningkatkan harapan keluarga dari warga AS yang ditahan di Iran secara tidak adil, agar keluarga memberikan tekanan kepada pemerintah.

“Kami telah terlibat dalam pembicaraan tidak langsung tentang para tahanan dalam konteks proses Winadan penundaan dalam memulai kembali proses itu tidak membantu,” ujar Price.

“Meskipun akan lebih efektif untuk membuat kemajuan jika kami bertemu di Wina, kami juga siap untuk melanjutkan pembicaraan tentang tahanan selama periode ini," tukasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)