Korban Tewas Aksi Protes Krisis Air di Iran Bertambah Jadi 3

Minggu, 18 Juli 2021 - 10:25 WIB
loading...
A A A
Para pengunjuk rasa di kota Susangerd (al-Khafajiya) berbaris menuju kantor gubernur setempat pada Sabtu malam, meneriakkan, "kami tidak akan dipermalukan" dalam bahasa Arab, menurut video yang dibagikan di media sosial.

Para pengunjuk rasa di Susangard juga berkumpul di luar rumah perwakilan kota di parlemen, Qassem Saedi, meneriakkan “matilah Saedi,” video lain menunjukkan.



Beberapa pengguna media sosial juga melaporkan penurunan signifikan dalam kecepatan internet di Khuzestan pada hari Sabtu. Iran menutup akses internet selama beberapa hari selama protes anti-pemerintah yang meluas pada 2019.

Krisis air telah menghancurkan pertanian dan peternakan dan menyebabkan pemadaman listrik yang memicu protes di beberapa kota awal bulan ini.

Pihak berwenang menyalahkan kekurangan air pada kekeringan parah, tetapi pengunjuk rasa mengatakan pemerintah yang harus disalahkan. Aktivis dari Khuzestan menyalahkan krisis air pada apa yang mereka sebut sebagai kebijakan diskriminatif pemerintah – seperti pemindahan air yang berlebihan dari Khuzestan ke provinsi-provinsi etnis Persia – yang mereka katakan dirancang untuk mengubah demografi kawasan.

Protes di Khuzestan datang ketika ribuan pekerja di sektor energi utama Iran telah melancarkan pemogokan untuk upah dan kondisi kerja yang lebih baik.

Ekonomi Iran telah terpukul keras sejak 2018 ketika mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menarik Washington dari kesepakatan nuklir 2015 antara Teheran dan kekuatan dunia dan menerapkan kembali sanksi besar-besaran terhadap negara itu. Pandemi COVID-19 telah memperburuk masalah ekonomi negara.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)