Rouhani Sebut Iran Dapat Perkaya Uranium Hingga 90%

Kamis, 15 Juli 2021 - 04:36 WIB
loading...
Rouhani Sebut Iran Dapat Perkaya Uranium Hingga 90%
Pemandangan air di reaktor nuklir Arak, Iran. Foto/Russia Today
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan negaranya memiliki kapasitas, jika pihak berwenang di sana menganggap perlu, untuk memperkaya uranium hingga 90%. Jumlah ini hampir 25 kali lebih besar dari tingkat yang ditetapkan dalam Kesepakatan Nuklir Iran, JCPOA.

Berbicara di rapat kabinet, Rouhani mengatakan pihak berwenang sedang menjajaki kemungkinan teknologi nuklir mereka karena mereka tidak lagi terikat oleh kendala perjanjian nuklir Iran .

“AEOI (Organisasi Energi Atom Iran) dapat memperkaya uranium sebesar 20% dan 60% dan, jika suatu hari reaktor kami membutuhkannya, dapat menghasilkan 90% uranium,” jelas Rouhani seperti dikutip Russia Today dari oleh kantor berita semi-resmi Iran Mehr, Kamis (15/7/2021).



Ia menambahkan bahwa kekuatan Barat telah mencoba untuk menutup situs nuklir Fordow tetapi sekarang fasilitasnya lebih kuat dari sebelumnya.

Angka 90% yang dikutip oleh Rouhani akan sangat memprihatinkan, karena persentase konsentrasi itu dianggap sebagai patokan minimum untuk memproduksi senjata nuklir. Pengayaan uranium bahkan melebihi 20% dianggap memiliki beberapa aplikasi sipil.

JCPOA, yang membatasi ambisi nuklir Iran, secara sepihak ditinggalkan pada 2018 oleh presiden Amerika Serikat (AS) saat itu Donald Trump, yang juga memberlakukan sanksi keras terhadap Teheran. Iran semakin melubangi kesepakatan itu, meningkatkan program pengayaannya melebihi tingkat 3,67% yang disepakati.



Pada bulan April, Teheran menyatakan bahwa mereka akan meningkatkan pengayaan uraniumnya hingga 60%. Ini menyusul dugaan serangan Israel terhadap fasilitas nuklirnya Natanz.

Negosiasi telah berlangsung di Wina untuk membawa AS dan Iran kembali sejalan dengan kesepakatan yang dicapai pada 2015 antara Teheran dan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB – China, Prancis, Rusia, Inggris, dan AS - ditambah Jerman.

Namun tidak ada hasil yang diharapkan sampai Presiden terpilih Ebrahim Raisi mengambil alih kekuasaan pada Agustus, tetapi Iran mengatakan AS yang harus mencabut sanksi terlebih dahulu.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)